Home Berita LP2M IAIN Palangka Raya Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Scopus

LP2M IAIN Palangka Raya Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Scopus

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 279 views

IAIN Palangka Raya – LP2M IAIN Palangka Raya mengadakan workshop bertajuk “Pengelolaan Jurnal Menuju Scopus” yang menghadirkan narasumber terkemuka, Assist. Prof. Yuli Andriansyah, S.E., M.S.I. Beliau merupakan Editor in Chief dari Millah: Journal of Religious Studies, Universitas Islam Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh 23 pengelola jurnal dari IAIN Palangka Raya serta pengelola jurnal dari lima perguruan tinggi lainnya di Kalimantan Tengah.

Ketua LP2M, Luqman Baehaqi, Ph.D., dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan utama dari workshop ini adalah untuk meningkatkan peringkat jurnal yang dikelola oleh IAIN Palangka Raya, khususnya Jurnal Studi Agama dan Masyarakat (JSAM). “Pengelolaan jurnal adalah salah satu program prioritas karena salah satu indikator suksesnya tridharma perguruan tinggi adalah jurnal yang terakreditasi Scopus,” ujarnya.

Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. H. Ahmad Dakhoir, M.H.I, turut hadir dalam acara ini dan memberikan penghargaan senilai Rp. 15.000.000,- kepada pengelola Jurnal El-Maslahah yang telah berhasil terindeks Scopus.

Dalam sambutannya, Prof. Dakhoir menyatakan, “Alhamdulillah, saat ini kita telah memiliki 23 jurnal. Tentunya banyak masalah dari sisi keilmuan yang dapat menghambat peningkatan ke Scopus. Mohon jurnal ini benar-benar dikembangkan untuk menuju jurnal terindeks Scopus.”

Prof. Dakhoir juga menambahkan bahwa saat ini skripsi tidak lagi menjadi syarat wajib untuk kelulusan, tetapi bisa digantikan dengan membuat proyek konseptual yang dihasilkan oleh calon sarjana. “Ini cukup menjadi tugas akhir dimana sekarang lebih fleksibel. Ke depan kita juga akan ada fast track program untuk S1 dan S2 yang bisa ditempuh selama 5 tahun belajar,” jelasnya.

Selain itu, Prof. Dakhoir juga menekankan pentingnya peningkatan mutu kualitas jurnal untuk persiapan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (ma)

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK