Home Berita Meningkat SIGNIFIKAN, Indeks Kepuasan Haji 2024

Meningkat SIGNIFIKAN, Indeks Kepuasan Haji 2024

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 75 views

Oleh: Ahmad Dakhoir

Meningkat Signifikan, inilah kalimat yang lugas dalam menilai kinerja dan tata kelola pelayanan ibadah haji tahun 2024. Score peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahun 2023 dengan nilai 85,83 dengan predikat memuaskan, menjadi 88,20 tahun 2024 dengan predikat sangat memuaskan.

Paling tidak ada 4 indikator penting pencapaian kepuasan jamaah terkait pelayanan haji 2024.

Pertama, adalah puas dalam pelayanan pemberangkatan. Jamaah haji tahun 2024 meningkat signifikan dengan bertambahnya 20 ribu calon jamaah menjadi 241 ribu. Pemberangkatan dalam 2 gelombang berjalan lancar, tanpa kendala berarti.

Kedua yaitu pelayanan pra armuzna yang secara umum jamaah terlayani dengan baik. Hal ini bisa di lihat dari jauh berkurangnya jamaah haji yang sakit dan tertibnya jamaah dalam mengikuti arahan petugas haji di setiap kloter. Jamaah dalam hal ini juga dibekali literasi haji sehingga jamaah dapat melaksanakan ibadah juga dengan secara mandiri.

Ketiga, sukses dalam armuzna juga menjadi indikator penting capaian dalam indeks kepuasan haji 2024. Kunci sukses pelayanan armuzna dapat dilihat dari tata kelola petugas haji yang selalu sigap dan responsif terhadap keluhan jamaah yang selalu dapat di atasi dengan gerak cepat serta kesadaran banyak jamaah terhadap proses ibadah saat armuzna. Pada etape ini, terobosan murur, layanan makanan rasa nusantara juga menjadi kesan tersendiri bagi jamaah. Kesigapan dan kesiapan petugas haji dalam berkordinasi baik kloter hingga petugas tertinggi dalam fase armuzna menjadi kunci sukses armuzna. Ada beberapa jamaah yang tersesat segera di cari, jamaah sakit selalu dilayani dengan cepat dan cermat hingga ke rumah sakit.

Keempat, adalah proses pemulangan yang secara keseluruhan lancar. Kesigapan petugas dalam mempersiapkan semua akomodasi, tas dll, selalu di cek setiap etape perjalanan sehingga jamaah dan barang bawaan tidak ada yang tertinggal. Hal ini bisa di buktikan dengan pelayanan cek mendetil baik berat tas, isi tas dll.

Alhasil inilah capaian sukses besar dari semua etape pelaksanaan ibadah haji 2024. Kesuksesan dan meningkatnya indeks kepuasan haji 2024 tidak lepas dari sinergitas dan koordinasi yang baik dari semua petugas dan tentu saja karena dukungan, monev, serta kerja keras Bapak Menteri Agama RI H Yaqut Kholil Qoumas sebagai amirul hajj beserta seluruh tim yang selalu memantau perkembangan secara langsungke tenda-tenda, Dirjen PHU Kemenag RI beserta jajaran serta kualitas jamaah baik dari sisi fisik, pemahanan literasi haji dan kuatnya niat yang ikhlas untuk beribadah haji 2024.

Gus Menteri menyampaikan bahwa sukses haji 2024 ini merujuk pada sejumlah indikator yang diformulasikan dengan skema 4-3-5. Apa itu skema 4-3-5?

Empat Perdana di Haji 2024, tiga pengembangan ekosistem potensi ekonomi haji, dan lima inovasi haji 2024.

 

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK