Home Berita Tiga Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Kunjungi IAIN Palangka Raya untuk Penelitian Program Studi Pendidikan Islam S3

Tiga Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Kunjungi IAIN Palangka Raya untuk Penelitian Program Studi Pendidikan Islam S3

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 97 views

IAIN Palangka Raya – Tiga guru besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan kunjungan kerja ke IAIN Palangka Raya dalam rangka penelitian Program Studi Pendidikan Islam S3. Kunjungan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Bahrudin, M.Ag, Ketua Prodi Pendidikan Islam S3, didampingi oleh Dr. Bambang Samsul Arifin, M.Si, Sekretaris Prodi Pendidikan Islam S3, dan Prof. Dr. Uus Ruswandi, M.Pd, Guru Besar Pendidikan Islam S3.

Dalam kunjungan ini, mereka disambut langsung oleh Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. H. Ahmad Dakhoir, M.H.I, bersama dengan Kepala Biro AUAK, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, serta beberapa dosen IAIN Palangka Raya.

Kegiatan ini difokuskan pada diskusi tentang pentingnya moderasi beragama sebagai landasan untuk membangun dan melatih generasi yang toleran, dan memahami pluralitas dalam kehidupan beragama.

Prof. Dr. Bahrudin menekankan bahwa diperlukan langkah konkret dalam penguatan moderasi beragama, seperti penyusunan modul, pelatihan, dan sosialisasi yang lebih mendalam. Ia juga menyebutkan pentingnya program ini diterapkan tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga bagi tenaga pendidik dan dosen di lingkungan IAIN Palangka Raya.

Menanggapi hal ini, Prof. Dakhoir setuju bahwa upaya penguatan moderasi beragama akan menjadi salah satu prioritas lembaga.

Sebagai bentuk konkret dari komitmen IAIN Palangka Raya, kami memutuskan untuk memasukkan mata kuliah Moderasi Beragama ke dalam kurikulum akademik. Selain itu, sosialisasi terkait penguatan moderasi beragama juga akan diselenggarakan secara berkelanjutan bagi mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen.

IAIN Palangka Raya juga berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memperkuat program moderasi beragama. “Kami juga akan berkolaborasi dengan Gus Hayid dalam program moderasi beragama ini. Semoga ini menjadi jembatan untuk memperkuat semangat kebangsaan dan kerukunan di tengah masyarakat melalui pendekatan keagamaan yang moderat”, jelas Rektor.

Setelah kunjungan ke IAIN Palangka Raya, para guru besar dari UIN Sunan Gunung Djati melanjutkan agenda penelitian mereka terkait moderasi beragama di Desa Dahiyan. Dalam kunjungan ini, mereka akan didampingi oleh Dr. Jasiah, M.Pd, dosen IAIN Palangka Raya, untuk melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam terkait praktik moderasi beragama di lingkungan masyarakat.

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK