Home Berita PEMKAB SUKAMARA DAN IAIN PALANGKA RAYA TINGKATKAN PROFESIONAL GURU PAI MELALUI MOU PPG

PEMKAB SUKAMARA DAN IAIN PALANGKA RAYA TINGKATKAN PROFESIONAL GURU PAI MELALUI MOU PPG

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 57 views

Humas – IAIN Palangka Raya kembali memperluas jaringannya melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Sukamara. Acara ini berlangsung pada Senin, 30 September 2024, di Aula Gedung Bundar Asmaul Husna, IAIN Palangka Raya.

Selain MoU, juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan  IAIN Palangka Raya dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukamara.

Acara ini dihadiri oleh Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara, Yofi Yudhistira, S.Pt, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukamara, H.M. Yunus, S.Pd., M.Si. MoU ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di wilayah Sukamara, khususnya melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan profesi bagi para guru.

Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. H. Ahmad Dakhoir, M.H.I menyambut hangat kerjasama ini. “Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukamara yang telah memfasilitasi para guru Pendidikan Agama Islam untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di IAIN Palangka Raya.

“Kami juga siap menyambut generasi muda untuk melanjutkan studi ke jenjang akademik yang lebih tinggi, yaitu S2 dan S3, dengan metode blended learning,” ujar Prof. Ahmad Dakhoir.

 

Ia menambahkan bahwa profesionalisme SDM tidak hanya ditentukan oleh gelar akademik, tetapi juga oleh skill yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, IAIN Palangka Raya akan membekali lulusannya dengan sertifikat dari lembaga sertifikasi profesi (LSP) sebagai pendamping ijazah.

“Kami akan launching program ini pada 14 Oktober mendatang, guna mencetak lulusan yang siap berkompetisi di dunia kerja,” jelasnya.

Tahun ini, IAIN Palangka Raya juga menerima 46 guru PAI dari Kabupaten Sukamara dalam program PPG. “Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan jumlah mahasiswa PPG dari Sukamara semakin bertambah,” tambahnya.

Dekan FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Dakir, M.A., dalam laporannya menyampaikan bahwa evaluasi penyelenggaraan PPG telah dilakukan pada 18 September 2024. “Kami juga sedang mempersiapkan fase kedua, di mana total mahasiswa PPG diperkirakan mencapai 273 orang, terdiri dari 123 mahasiswa fase pertama dan 150 mahasiswa fase kedua,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Sekda Kabupaten Sukamara, Yofi Yudhistira, S.Pt, menyatakan bahwa Pemda Sukamara mendukung penuh kerjasama ini. “Ini adalah langkah untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara Pemda Sukamara dan IAIN Palangka Raya, khususnya dalam meningkatkan kualitas SDM dan mencetak guru-guru yang profesional,” ungkapnya.

Senada dengan Pj. Sekda Sukamara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukamara, H.M. Yunus, S.Pd., M.Si., juga menekankan pentingnya kerjasama ini dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di Sukamara. “Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, kualitas pendidikan di Sukamara akan semakin meningkat, khususnya dalam mencetak tenaga pendidik yang kompeten,” pungkasnya.

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK