Home Berita Mahasiswi IAIN Palangka Raya Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Kota Palangka Raya

Mahasiswi IAIN Palangka Raya Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Kota Palangka Raya

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 110 views

Humas – Mahasiswi IAIN Palangka Raya yang tengah menjalani program MBKM Asistensi Mengajar di MI Darul Ulum Palangka Raya turut berpartisipasi dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 yang digelar di halaman Kantor Pemerintahan Kota Palangka Raya. Dengan tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, upacara berlangsung khidmat dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk santri, guru, dan para pemuka agama serta seluruh jajaran pemerintah.

Dalam upacara ini, Pj Wali Kota Palangka Raya, Ibu Dr. Hera Nugrahayu, M.Si, membacakan sambutan dari Menteri Agama RI. Dalam pidatonya, disampaikan bahwa Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan momen penting untuk mengenang perjuangan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. “Sejarah mencatat bahwa kaum santri merupakan salah satu kelompok yang paling aktif dalam mengobarkan perlawanan terhadap penjajah,” tegasnya.

Salah satu tonggak sejarah penting perjuangan santri, lanjutnya, adalah Resolusi Jihad yang dideklarasikan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945. Peristiwa ini menjadi bukti nyata perlawanan kaum santri dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dari ancaman penjajahan. Selain sambutan, upacara juga dikhidmatkan dengan pembacaan Ikrar Santri yang dilakukan oleh perwakilan santri dari berbagai pondok pesantren. Ikrar ini mengingatkan para santri akan komitmen mereka untuk berpegang teguh pada ajaran agama, membela tanah air, dan menjaga persatuan bangsa.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh tokoh agama setempat, memohon keberkahan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia, serta mendoakan para santri agar dapat terus berperan aktif dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Upacara ini menjadi momen bagi para santri dan generasi muda, termasuk mahasiswi yang mengikuti program MBKM, untuk meneladani semangat juang para pendahulu mereka dalam membangun masa depan bangsa.

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK