Home Berita Resmi, IAIN Palangkaraya Menjadi Anggota Konsorsium Universitas Internasional

Resmi, IAIN Palangkaraya Menjadi Anggota Konsorsium Universitas Internasional

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 912 views

PALANGKARAYA – Nama IAIN Palangkaraya semakin berkibar di level peruguran tinggi ingernasional. Melalui berbagai kiprahnya, perguruan tinggi di Kalteng ini bahkan didaulat sebagai anggota konsorsium internasional.

Kepastian ini diungkapkan Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Elmi AS Pelu, yang secara resmi mengaku telah menerima informasi tersebut dari Netherlands-Indonesia Consortium for Muslim-Christian Relations (NICMR).

“Diterimanya IAIN Palangkaraya sebagai salah satu anggota penting NICMR menandakan kepercayaan pihak universitas dunia terhadap keseriusan dan potensi IAIN Palangkaraya dalam bidang riset dan kerjasama internasional,” ujar Ibnu Pelu kepada Tribunkalteng.com, Jumat (23/3/2018).

Dia membeberkan trik yang menjadi alasan IAIN Palangkaraya dapat menyejajarkan diri dengan peruguran tinggi lain di dunia internasional. Salah satunya, program riset kolaboratif internasional antara IAIN Palangkaraya dan Radboud University, Belanda pada 2017.

Ketika itu, tema Interreligious Relations among Different Religious Communities in Central Kalimantan dianggap sebagai salah satu rujukan yang mendasari semangat kebersamaan dalam keberagaman beragama dan keyakinan.

Pada program riset kolaboratif tersebut, Prof Frans Wijsen, dekan Faculty of Philosophy, Theology and Religious Studies, Radboud University, yang sekaligus juga sebagai Ketua Dewan Pengawas NICMR, hadir ke Palangkaraya selama seminggu

Ketua ICR IAIN Palangka Raya 2016-2017 Asep Iqbal, mengungkapkan NICMR beranggotakan beberapa lembaga pendidikan tinggi dan lembaga non-pemerintah di Belanda dan Indonesia seperti Protestan Theological University Amsterdam-Groningen, Nijmegen Institute for Mission Studies Radboud University, UIN Yogyakarta, dan Center for Religious and Cross-Cultural Studies UGM yang berpusat di Amsterdam, Belanda dan Yogyakarta, Indonesia,

NICMR merupakan konsorsium internasional yang penting dalam peningkatan hubungan antar agama melalui penelitian, konfrensi internasional, edukasi masyarakat dan kajian akademik di bidang relasi antara agama, khususnya Islam dan Kristen.

“Keanggotan IAIN Palangkaraya di NICMR diharapkan akan mendorong semua pihak untuk terus meningkatkan kualitas kerjasama riset di level regional dan internasional sebagai langkah strategis menuju universitas kelas dunia (world class university),” timpal Ibnu Elmi.

Sumber:http://kalteng.tribunnews.com/2018/03/23/resmi-iain-palangkaraya-menjadi-anggota-konsorsium-universitas-internasional.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK