Home Berita Fakultas Syariah Punya Program Unggulan di Masyarakat

Fakultas Syariah Punya Program Unggulan di Masyarakat

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.3K views

Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya yang memiliki Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, dan Hukum Tata Negara tidak hanya fokus dalam dunia akademik saja, buktinya Fakultas Syariah juga punya program unggulan pengabdian masyarakat. Program unggulan tersebut seperti pelatihan pengurusan jenazah di beberapa daerah di Kalimantan Tengah, pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif dan home industri, seperti budidaya jamur, kripik ikan dan usaha kreatif lainnya di Kereng Bangkirai dan Tanjung Sangalang Pulang Pisau dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Menurut H. Syaikhu, MHI selaku Dekan Fakultas Syariah, “program unggulan tersebut merupakan wujud peran nyata Fakultas Syariah di masyarakat. Seperti dicontohkan pelatihan pengurusan jenazah di beberapa daerah adalah langkah kaderisasi untuk memaksimalkan peran masyarakat, sebab banyak di beberapa daerah masih ditemukan masyarakat yang tidak bisa mengurus jenazah, baik dari memandikan, mengkafankan, menshalatkan, sampai memakamkan jenazah. Sehingga perlunya melatih anggota masyarakat di beberapa daerah tersebut.”

Lain lagi menurut Munib, M.Ag selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menambahkan bahwa “ada beberapa daerah seperti Kereng Bangkirai dan Tanjung Sangalang Pulang Pisau yang memiliki potensi sumber daya yang kurang maksimal dimanfaatkan, sehingga Fakultas Syariah melakukan pemberdayaan kepada masyarakat untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut dalam usaha ekonomi, seperti budidaya jamur, kripik ikan saluang dan hasil produk lokal lainnya yang memiliki nilai ekonomis.”

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK