Home Berita MA’HAD AL-JAMI’AH BENTUK KEMANDIRIAN MAHASANTRI

MA’HAD AL-JAMI’AH BENTUK KEMANDIRIAN MAHASANTRI

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 2.1K views

Mahasantri, demikian disebutnya, merasa bangga terhadap sistem yang diterapkan Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya. Perubahan yang begitu signifikan hampir dirasakan oleh seluruh mahasantri Ma’had Al-Jami’ah. Bak Kawah Candradimuka, ma’had ibarat tempat pembentukan karakter bagi para jagoan.

Selain dituntut dalam perkuliahan, mahasiswa yang hidup di asrama pun harus mampu menjalankan kegiatan-kegiatan di asrama. Di tempat ini, mahasiswa akan diberikan dasar-dasar kepribadian guna pembentukan karakter yang didasarkan pada semangat kebersamaan dalam kemandirian.

Kemandirian sangat dituntut ketika hidup di tempat yang dihuni ratusan orang ini. Terlebih bagi mahasiswa yang tidak pernah hidup di asrama. Gejolak pasti akan menimpa mereka. Lain halnya dengan mahasiswa yang pernah hidup di asrama atau pernah mondok dipesantren. “Awalnya kaget, tapi lama-lama mulai terbiasa.” Ungkap Muawiyah (18).

Muawiyah, mengatakan bahwa dirinya mengalami perubahan yang sangat drastis. “Dulu yang nyuci pakaian adalah ibu saya, sekarang saya harus nyuci sendiri.” Ungkapnya. Kehidupan asrama menuntutnya harus mampu melakukan segalanya sendiri, tanpa bergantung pada orang lain. Tidak hanya mencuci pakaian, mengatur waktu, memasak, menyiapkan makanan, merapikan tempat tidur pun menjadi kegiatan yang mesti dia lakukan sendiri.

Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah dengan bangga mengatakan bahwa selama hidup di asrama, mereka mulai memahami makna kehidupan. Malas-malasan tidak lagi berada dalam kamus hidupnya. Karena semakin memperlambat langkah, semakin cepat orang berlari mencapai cita-cita. Berharap menjadi yang terbaik memang tidak hanya sebatas teori, tapi perlu tindakan nyata. “Saya berharap kebiasaan baik ini akan terus saya lakukan hingga nanti.” Harapan Rabiatul (17).

Reporter : Irnadia Andriani

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK