Home Berita Mankoraya Jadi Madarasah Vokasi yang Kompetitif dan Khas

Mankoraya Jadi Madarasah Vokasi yang Kompetitif dan Khas

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.3K views

Palangka Raya (Inmas) Kedatangan Kasi Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Aliyah (MA)/ Madrasah Aliyah Khusus (MAK) Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI Suwardi ke Kalimantan Tengah khususnya Kota Palangka Raya, benar-benar dimanfaatkan Kepala Mankoraya, H. Idayani untuk memberikan pencerahan kepada guru-guru Mankoraya, 26/ 04.
Pada pertemuan yang dilaksanakan di ruang Multi Media tersebut turut hadir Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalteng H. Abdul Rahman, Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag Kalteng Nurwidiantoro, Kepala Kemenag Kota P.Raya H. Baihaqi, Ketua Pokjawas Kemenag Kota P.Raya Hormansyah, Kepala MTsn 1 Kota P.Raya Rita Sukaesih dan Kepala MTsN 2 Kota P.Raya Murjani.
Suwardi Menyampaikan bahwa per 03 Maret 2018 jumlah Madrasah se Indonesia 50.479, Madrasah Aliyah Negeri 765 dan Madrasah Aliyah swasta 7.400. Dari sekian banyak Madrasah Aliyah tersebut ada MA akademik, MA keagamaan, MA reguler dan MA Vokasi/ Kejuruan.
Mankoraya termasuk jenis MA Vokasi/ kejuruan yang menyelenggarakan empat keterampilan, yakni tata busana, peternakan unggas, elektronika dan komputer. Dengan demikian Mankoraya berhak mendapat kucuran dana 600 juta dari pemerintah guna pengembangan program keterampilan tersebut. Akan tetapi kata Pak Kumis panggilan akrab Kasi Kurikulum dan evaluasi KSKK, dana tersebut 70% digunaka untuk membeli alat dan bahan, 30% untuk pengembangan sumber daya gurunya.
Sehingga nanti apabila dalam evaluasi kami Mankoraya mengalami kemajuan maka dananya akan kami tambah. Tetapi apabila tidak ada kemajuannya maka akan kami hentikan.
Terkait pertanyaan Wakil Kepala Mankoraya bidang Kurikulum H. Rafii, tentang kurikulum empat keterampilan tersebut, Suwardi menjelaskan bahwa empat keterampilan itu nantinya akan dimasukan ke dalam kelompok mata pelajaran (Mapel) wajib B dengan 4 sampai 6 jam tatap muka perminggu dan tertulis pada buku rapor siswa.
Suwardi menambahkan apabila dari salah satu empat keterampilan tersebut sedikit peminatnya, maka Mankoraya bisa merubah atau mengembangkan jenis keterampilan atau kejuruan yang kompetitip dengan prospek yang bagus dan mampu menyerap tenaga kerja yang banyak serta menjadi ciri khas Kalimantan Tengah, sehingga bisa menjadi ikon bagi Mankoraya.

Reporter: Asdi

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK