Home Berita Marhaban Yaa Ramadhan

Marhaban Yaa Ramadhan

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.1K views

Oleh: Dr. Syarifuddin, M.Ag

Qs. Albaqarah 183- Hai org org yg beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang orang terdahulu sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. Ayat ini menceritakan ttg kewajiban puasa sebagaimana umat umat sebelumnya dg tujuan agar org berpuasa tersebut mendapatkan predikat taqwa, yakni kesadaran yg mendalam bahwa Allah selalu melihat gerak-gerik kita kapan dan dimanapun kita berada, karenanya perbuatan kita harus selalu sesuai dg perintah-Nya dan berusaha meninggalkan apa yg dilarangNya.

Ramadhan adalah bulan yg penuh berkah. Untuk itu pada bulan ini kita harus memperbanyak 4 hal. 2 hal membuat kita mendapatkan ridha Allah, 2 hal lainnya yg selalu kita butuhkanya. Adapun 2 hal pertama adalah kesaksian bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan kecuali Allah dan kita memohon ampunan kepada-Nya. Sedangkan 2 hal berikutnya adalah permintaan kita kpd Allah agar dimasukkan ke dalam surgaNya, dan mohon perlindungan kepadaNya agar dijauhkan dari siksa api neraka. Oleh sebab itu berbahagialah orang yang diberi kesempatan bertemu kembali dengan bulan ramadhan. Karena bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan 2 kegembiraan yaitu kegembiraan diwaktu berbuka dan kegembiraan diwaktu bertemu dg Allah. Karena orang yang menunaikan ibadah puasa itu akan menyebabkan diampuninya segala dosa yang telah lalu.

Disebutkan dalam sebuah hadis: Barangsiapa yg menegakkan ramadhan karena iman dan mengharap pahala maka diampuni segala dosanya yg telah lalu (HR. Bukhari). Oleh karena itu mari kita sambut ramadhan ini dg memperbanyak amal ibadah kepada Allah swt.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK