Home Berita Ramadhan Sarana Implementasi Meraih Takwa

Ramadhan Sarana Implementasi Meraih Takwa

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.2K views

Oleh: Dr. Ibnu Elmi A.S. Pelu, SH, MH
Ada 2 tawaran yang dilakukkan dalam bulan ramadhan. Pertama tawaran dunia dengan banyaknya discount secara materi seperti potongan harga di pusat perbelanjaan yang menawarkan pesona gemerlapnya dunia. Kedua tawaran yang langsung dari Allah yakni tawaran takwa. Sebagaimana:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).
Ada 3 syarat yaitu pertama sumbernya orang beriman. Kedua prosesnya adalah tarbiyyah dengan melakukan puasa, dan ketiga adalah tujuannya dalam rangka takwa kepada Allah swt.
Takwa adalah sebaik-baik pakaian yang dikenakan seorang muslim. Takwa inilah yang jadi wasiat orang terdahulu dan belakangan. Takwa itulah jalan keluar ketika seseorang berada dalam kesulitan. Takwa itulah sebab mendapatkan pertolongan ketika mati. Takwa itulah jalan menuju ketenangan.

Takwa membentuk seseorang menjadi pemenang yang diimplementasikan dalam bentuk semangat berbagi dan berempati kepada sesama. Sebab takwa mengarahkan kepada apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindarkan. Takwa sebenarnya adalah pemenang dalam mengimplementasikan nilai ibadah. Salah satunya terwujud dalam semangat berbagi. Mari jadikan bulan Ramadhan sebagai sarana implementasi meraih takwa mengharap ridho Allah Swt dengan berbagi kepada sesama.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK