Home Berita Keluarga Besar MTs Annur Halal Bihalal

Di awal masuk sekolah setelah berakhirnya libur puasa dan Idul Fitri keluarga besar MTs Annur Palangka Raya langsung melaksanakan halal bihalal, Kamis (21/06) di halaman madrasah Jl. S. Parman palangka raya. halal bihalal yang diikuti seluruh dewan guru karyawan dan peserta didik ini berlangsung dengan hikmad.
Kepala MTs Annur Palangka Raya Rus’ansyah,S.Ag,M.Pd dalam arahannya mengatakan bahwa halal bihalal mempunyai arti penting dalam ajaran agama Islam. Ibadah puasa yang dijalankan sebulan penuh merupakan hubungan pertikal dengan Allah SWT.

Akan tetapi hubungan horisontal antara sesama manusia harus diselesaikan dengan sesama manusia. Allah maha pengampun atas kesalahan hamba-hambaNya, pemberian ampunan dari Allah SWT kepada hambanya, secara tegas dikaitkan dengan pelaksanaan perintah memberi maaf dan berlapang dada atas kesalahan orang lain terhadap sesamanya. Adanya pertautan hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan manusia dengan manusia itu selalu diselingi dengan berbagai kesalahan. Janji serta jaminan ampunan dari Allah SWT kepada manusia yang ikhlas melaksanakan puasa selama Ramadhan, hanya untuk kesalahan (dosa) yang berhubungan dengan Allah SWT. Tetapi kesalahan dengan sesama manusia harus dilesesaikan dengan manusia juga. “oleh karenanya saya atas nama kepala madrasah dan seluruh dewan guru menyampaikan permohonan maaf, dan mari kita saling memaafkan, mengikhlaskan dan saling merelakan atas kesalahan dan kekhilafan yang pernah kita lakukan, sehingga kita semua kembali menjadi fitrah tanfa noda dan dosa” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa halal bihalal ini merupakan akhir dari seluruh rangkai kegiatan ramadhan yang telah dilaksanakan seperti tadarus alquran, sholat dhuha bersama, kuliah menjelang sholat juhur, sholat juhur berjamaah, program gemar berinfaq, kegiatan buka puasa bersama yang diakhiri dengan khataman serta ditutup dengan halal bihalal dan bersalam salaman serta saling memaafkan antara guru dan siswa pada hari ini tuturnya, tujuan dari halal bihalal ini sendiri menurut Rus’an adalah untuk saling memohon maaf dan memaafkan, mengeratkan tali silaturrahmi dan memperkokoh persatuan dan kesatuan antara guru dan peserta didik.

Teks Foto: Para guru dan peserta didik MTs Annur saling berjabat tangan pada acara halal bihalal keluarga besar madrasah Annur Palangka Raya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK