Home Berita Bicara Keluarga dan Remaja!!! Dosen dan Mahasiswa IAIN Palangka Raya Jadi Narasumber Talk Show TVRI Kalteng

Bicara Keluarga dan Remaja!!! Dosen dan Mahasiswa IAIN Palangka Raya Jadi Narasumber Talk Show TVRI Kalteng

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.1K views

Jum’at, 29 Juni 2018 acara Talk show pukul 15.00 wib yang disiarkan secara live di TVRI Kalteng sangat menarik dan juga penting bagi keluarga dan generasi muda para remaja. Talk show dengan tema Cinta Keluarga, Cinta Terencana, Cinta Indonesia dengan Narasumber : Dr. Ahmad Dakhoir, SHI, MHI (Akademisi/Dosen IAIN Palangka Raya), Kusnadi ,SH (Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalteng)
dan Debi Fizar (Juara 1 Putra Duta GenRe Prov Kalteng jalur pendidikan yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya).

Menurut Kepala Kusnadi ,SH (Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalteng) menyebutkan “Keluarga adalah sebuah awal kehidupan bagi setiap manusia , dikarenakan karena pentingnya pengaruh keluarga dalam pendidikan anak dalam beberapa masalah seperti aqidah, budaya, norma, emosional dan sebagainya. Keluarga menyiapkan sarana pertumbuhan dan pembentukan kepribadian sejak dini, dengan kata lain kepribadian anak tergantung pada pemikiran dan perlakuan kedua orang tua dan lingkungannya dan tidak lepas dengan etika dan penyampaian sesuatu dari kedua orang tua tersebut.” Ungkap beliau.

Adapun Debi Fizar sebagai Duta GenRe menyebutkan “Masa remaja adalah sebuah masa transisi seseorang dari masa kanak-kanak ke masa usia dewasa. Masa remaja adalah masa bagi seseorang mencari identitas diri. Masa remaja sebenarnya adalah sebuah fase rawan bagi seorang remaja karena kelabilan jiwanya yang sering membuatnya berpikir dan bertindak secara naif. Di sinilah peran orang tua dan keluarga sangat penting bagi seorang remaja.” Katanya.

Sedangkan menurut Dr. Ahmad Dakhoir, SHI, MHI sebagai seorang pengamat dan juga akademisi IAIN Palangka Raya yang concern mengkaji seputat keluarga dan peran pemuda menyebutkan “Orang tua dan keluarga seharusnya memberikan perhatian yang lebih terhadap anak atau anggota keluarganya yang masih berusia remaja. Mereka seharusnya bisa menempatkan diri mereka sebagai seorang sahabat. Kenapa demikian? Bila sebuah keluarga kurang memberikan perhatiannya terhadap diri seorang anak yang telah memasuki usia remaja, karena kenaifan mereka seringkali lebih mempercayai teman-teman mereka ketimbang orang tua dan anggota keluarganya. Masalahnya, tidak semua teman yang benar-benar baik bagi seorang remaja. Remaja seringkali menempatkan hubungan persahabatan di atas segalanya hingga kadang-kadang mereka melawan orang tua mereka. Remaja suka bersahabat, rasa solidaritas diantara mereka tinggi sekali bahkan mereka lebih mengutamakan teman atau sahabat dari pada orang tua, mereka mau berkorban apa saja demi persahabatan. Tetapi tidak sedikit remaja yang jatuh karena gagal dalam persahabatan. Karena dia tidak sadar kalau dia selama bersahabat itu dijajah pribadinya oleh sahabatnya. Hal tersebut sebenarnya merupakan kejahatan yang terselubung dengan mengatasnamakan persahabatan. Kita semua harus waspada dan jangan sampai lengah dan terkecoh. Penjajahan pribadi artinya adanya dominasi atau penguasaan seseorang terhadap pribadi orang lain.” Ungkap beliau.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK