Home Berita Hari Pertama Masuk Sekolah Mankoraya Adakan Matsama

Hari Pertama Masuk Sekolah Mankoraya Adakan Matsama

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.6K views

Palangka Raya (Inmas) Hari pertama masuk sekolah (16/07/18) MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya) laksanakan upacara bendera hari Senin sekaligus pembukaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama). Istilah Matsama adalah sebutan yang sama dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah/ Madrasah (PLS/M), dengan maksud memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa baru tentang lingkungan madrasah, kurikulum, sarana prasarana, peraturan/ kebijakan pemerintah, kegiatan ekstra kurikuler, budaya madrasah, penguatan kepribadian/ karakter, tata cara pembelajaran, cinta tanah air, pemahaman narkoba dan berlalu lintas.

Dalam sambutannya kepala Mankoraya H. Idayani selaku inspektur upacara menyampaikan amanatnya yang didahului amanat Gubernur Kalimantan Tengah tentang Matsama/ PLS/M. Gubernur Kalimantan Tengah menekankan bahwa lembaga pendidikan merupakan muara keberhasilan suatu negara, yakni dengan menyelenggarakan pembelajaran secara utuh dan berkualitas melalui proses mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengolah dan mengembangkan potensi serta kepribadian peserta didik dengan ujung tombak pada pembelajaran di kelas (class learning).
Gubernur juga menitipkan pesan kepada guru-guru agar melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengajar, mendidik, melatih dan membimbing siswa dengan baik dan benar sebab pendidikan merupakan sebuah investasi jangka panjang guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia.

Hal ini sesuai dengan misi Kalteng Berkah yang fokus pada lima kriteria bidang pendidikan, yakni, peningkatan sarana dan prasaran, peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan pelayanan pendidikan, peningkatan pendidikan berkarakter berbasis kearifan lokal dan pendukungan lulusan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
Sementara H. Idayani mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru di Mankoraya Unggul Berprestasi. Ikuti semua kegiatan dengan baik agar kalian punya bekal untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru di Mankoraya.
Idayani juga menegaskan kepada panitia dan bina damping agar tidak ada perpeloncoan selama kegiatan Matsama ini berlangsung, upayakan penyampaian yang baik dan santun kepada semua peserta Matsama tanpa memandang status, suku dan ras.
Seraya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka Matsama Peserta Didik Baru Mankoraya Tahun Pelajaran 2018/ 2019 tanggal 16 s.d18 Juli 2018 secara resmi dibuka. (asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK