Home Berita Kebijakan Kementerian Agama Memajukan Madrasah

Kebijakan Kementerian Agama Memajukan Madrasah

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.3K views

Palangka Raya (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya H. Baihaqi mendapatkan kesempatan sebagai nara sumber pada Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya), Senin (16/07/18).
Dalam paparannya H. Baihaqi menyebutkan bahwa kementerian agama hingga saat ini selalu berupaya untuk memajukan pendidikan madrasah, dalam hal ini melalui regulasi kebijakan yang menopang kemajuan madrasah, khususnya di tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Kebijakan tersebut meliputi peningkatan mutu dan relevansi pendidikan madrasah melalui peminatan. Peningkatan akses, dan daya saing pendidikan madrasah dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi guru MA baik tingkat kota, provinsi maupun nasional, serta mengadakan lomba-lomba akademik bagi siswa.

Mankoraya sudah membuktikan melalui prestasi yang dicapai, seperti baru-baru ini lima siswa Mankoraya lulus seleksi beasiswa Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penemuan di bidang riset daun karamunting yang dipresentasikan di Thailand.

Capaian prestasi tersebut tidak lepas dari kebijakan yang dikeluarkan kementerian agama dalam hal pengelolaan dan manajemen kurikulum. Saya pun meminta kepada Mankoraya agar siswanya menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris.
Karena kemajuan milenial saat ini mau tidak mau, suka tidak suka penguasaan bahasa asing sangatlah penting dalam menghadapi era globalisasi. Dan penguasaan bahasa merupakan syarat utama agar bisa diterima di perguruan tinggi di luar negeri.

Melalui peminatan bahasa khususnya bahasa Inggris saya berharap salah satu di antara kalian ada yang lulus kuliah di luar negeri, begitu juga untuk peminatan Agama, ini nantinya diarahkan agar di antara kalian ada yang kuliah di Timur Tengah.
Makanya, sejak saat ini belajarlah yang tekun, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi, atur waktu dengan sebaik-baiknya, agar kalian nantinya mampu mencapai cita-cita yang diinginkan. (asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK