Home Berita Peserta Matsama Dibekali Pemahaman Narkoba

Peserta Matsama Dibekali Pemahaman Narkoba

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 880 views

Palangka Raya (Inmas) Masa Taaruf Siswa Madrasah Mankoraya semua peserta mendapatkan pemahaman tentang narkoba yang disampaikan oleh AKBP Joan Verdianto, S.I.K. selaku Kabagbinops dan Bripka Warsito Paur Anev Bagbinops Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng, Senin (16/07/18).

Dalam paparannya mereka berdua mengingatkan kepada peserta agar jangan sekali-sekali memakai narkoba walau hanya sebatas mencicipi, jika sudah pernah mencicipi pasti akan ketagihan, sebab di dalam narkoba tersebut ada zat yang bisa membuat orang menjadi ketergantungan.

Makanya kalian perlu mengenal apa saja jenis narkoba yang mematikan tersebut. Kalau diurut berdasarkan tingkat bahayanya, ada lima jenis narkoba yang paling tinggi tingkat ketergantungannya dan tinggi resiko kematiannya, yakni heroin, kokain, nikotin, barbiturat dan alkohol.

Di antara 5 jenis narkoba tersebut yang biasa dikonsumsi remaja yaitu jenis barbiturat (nama generik) karena mudah dibeli di apotek obat atau nama jalanannya berupa bullet, gorillas, nembies, barbs, atau pink ladies.
Oleh sebab itu penting bagi kalian untuk mengenalinya sehingga jika ada orang yang menawarkan, kalian bisa mengetahuinya. Selain itu juga kalian perlu tahu bahaya atau akibat dari memakai narkoba di antaranya ganguan pada pembuluh syaraf, jantung, paru-paru, kulit, insomnia yang semua itu menyebabkan kematian.

Dan tentunya kalian bersekolah di Mankoraya ini akan dibekali pengetahuan agama, karena dalam Al Quran sudah disebutkan bahwa mengkonsumsi sesuatu yang memabukan yang menyebabkan hilangnya akal maka hukumnya haram.
Jadi mulai sekarang katakan “say no to drug” katakan tidak pada narkoba, narkoba no prestasi yes. (asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK