Home Berita MTs Annur Gelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)

MTs Annur Gelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 2.1K views

MTs Annur menggelar Masa Taaruf bagi peserta didik baru tahun pembelajaran 2018/2019. Kegiatan yang menjadi ajang pengenalan lingkungan madrasah ini dibuka langsung Kepala Madrasah Rus’ansyah, S.Ag., M.pd di halaman madrasah, Rabu (18/7)

Pada pembukaan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tanggal 18-20 Juli 2018 tersebut, Kepala Madrasah Rus’ansyah, S.Ag., M.pd menyampaikan arahannya kepada calon siswa baru agar mengikuti matsama dengan sungguh-sungguh karena kegiatan ini menurutnya sebagai modal awal dan pengalaman dasar untuk memasuki jenjang pendidikan sekolah menengah pertama.

Kemudian dari kegiatan matsama ini pula calon siswa akan dibekali berbagai pengetahuan tentang wawasan madrasah oleh kepala MTs Annur Rus’ansyah,S.Ag, M.Pd, etika dan tata krama di madrasah oleh ketua yayasan Drs. H. Alif Abdullah, bimbingan konseling dan tata tertib madrasah oleh guru BK Subuh Arif S, S.Pd, ekstra kurikuler dan kegiatan kesiswaan oleh wakamad kesiswaan Susanto, S.Pd, Kemudian wawasan kepramukaan oleh Rahmadi, S.Pd, kemudian latihan kegiatan baris berbaris (LKBB) oleh guru olah raga Abdullah, M.Or, lalu materi tentang peran pemuda dan bahaya narkoba oleh kanit Bintibmas Polresta palangka raya Eko Fajar Purnamawanto, serta diakhiri dengan seleksi baca tulis Alqur’an oleh koordinator keagamaan Hermilawati, S.Pd.I dan kepala perpustakaan M. Abd. Goffor, SE, M.Pd.I dengan tujuan untuk mengklasifikasi kemampuan baca Qur’an sehingga setelah aktif belajar nanti bagi mereka yang lancar mengaji akan mengikuti tadarus Alqur’an secara rutin dan bagi siswa yang belum bisa baca Qur’an maka akan dibimbing setiap pagi oleh wali kelas/guru pembimbingnya dengan metode iqro.

Pada masa taaruf ini panitia osis juga melakukan program pengenalan madrasah, hal ini merupakan sarana untuk mengenal lebih dekat kondisi lingkungan madrasah. Sehingga melalui kegiatan itu, peserta didik baru tidak gagap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dimadrasah tingkat menengah yang tentunya berbeda dengan sekolah jenjang dasar yang pernah mereka tempuh sebelumnya.

Dalam sambutannya Rus’an menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang sangat mendalam kepada orang tua yang telah mempercayakan anaknya masuk di madrasah Annur, dan ini membuktikan bahwa MTs Annur mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat kota cantik palangka raya untuk lembaga pendidikan terbaik bagi anak-anaknya.

Sementara Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Susanto, S.Pd, dalam laporannya menjelaskan kegiatan masa Taaruf akan berlangsung selama tiga hari (18-21/7) dan diikuti oleh 80 orang peserta didik baru laki-laki dan perempuan. Dengan tujuan untuk memperkenalkan lingkungan madrasah kepada calon peserta didik baru serta memberikan pembekalan dan pengetahuan baru bagi mereka.

Teks foto: kepala MTs Annur Rus’ansyah menyematkan tanda peserta Matsama kepada calon peserta didik baru pada acara pembukaan di halaman MTs Annur Palangka Raya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK