Home Berita Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam Bina Kepala Sekolah Untuk Siapkan Perpustakaan

Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam Bina Kepala Sekolah Untuk Siapkan Perpustakaan

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.4K views

Pulang Pisau-Pengelola Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (Prodi M.MPI) Pascasarjana IAIN Palangka Raya, tak henti-hentinya melakukan gebrakan dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat khususnya dalam melakukan pendampingan dan peningkatan Sumber Daya Manusia. Ditahun 2018 ini, prodi M.MPI melakukan pembinaan dan pengabdian pada yayasan pendidikan Annur Handep Hapakat yang berada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 kali pertemuan, yaitu 3 kali pertemuan dengan beberapa tema menarik dan dilanjutkan dengan diskusi, serta 1 kali kegiatan visit study (studi banding) untuk melihat apa dan bagaimana cara tata kelola serta manajemen lembaga pendidikan yang sudah maju serta terakreditasi. Kegiatan ini rencananya akan diusulkan kebeberapa lembaga pendidikan yang maju dan sudah terakreditasi seperti SD Islam dan SMP Islam Darussalam Juga SD IT atau SMP IT Al Ghazali yang berada di wilayah kota palangka raya.
“Program pembinaan dan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan masyarakat/pengelola Pendidikan dalam menghadapi dunia pendidikan yang semakin maju dan berkembang” Ujar Dr. M. Ali Sibram, M. Ag selaku Ketua Prodi M.MPI usai memberikan materi, Sabtu(28/7).
Dalam hal ini tentunya Pascasarjana melalui Prodi M.MPI memiliki sumber daya Manusia dan keahlian yang sangat baik serta memadai yang bisa diimplementasikan secara konkret dalam mengatasi persoalan lembaga pendidikan didaerah khususnya pada lembaga-lembaga pendidikan swasta yang ada disekitar wilayah kota Palangka Raya hingga kebeberapa kabupaten di wilayah Kalimantan Tengah.
“Program yang digiatkan oleh Prodi M.MPI tentunya sesuai kapasitas kita selaku pengelola Magister bidang Manajemen Pendidikan diantaranya pada manjemen siswa, sekolah, keuangan dan keahlian khusus lainnya dibidang sosial serta juga manjemen keagamaan,” jelas Dr. M. Ali Sibram.
“Aksi kali ini adalah malakukan pendampingan pada manajemen sekolah, kesiswaan dan keuangan. Selain itu, administrasi pembelajaran dan tata kelola Perpustakaan juga menjadi target kami dalam pengabdian dan pembinaan,” tambahnya. Pada kegiatan ini mendatangkan ahli dan pakar pada bidangnya masing-masing, yaitu Dr. H. Sardimi, M. Ag dalam menyampaikan Materi Admimistrasi Pendidikan, Dr. M. Ali Sibram dengan materi manjemen sekolah, kesiswaan dan keuangan, Usman, S. Ag. S.S, M.HI untuk meyampaikan materi tata kelola perpustakaam sekolah serta Dr. Dakir, MA dengan tema manajemen sumber daya manusia dan terakhir materi dari Mahasiswa berprestasi Prodi M.MPI yaitu Ibu Purnamawati akan menyampaikan Tata cara pengelolaan dana BOS pada sekolah atau madrasah.
Informasi yang paling membanggakan lagi adalah setelah sehari pada pertemuan kedua pembinaan dan pelatihan tata kelola perpustakaan sekolah di Yayasan Annur Handep Hapakat, Kepala Sekolah MTs-S Annur Handep Hapakat berkomitmen menyiapkan dan membuat lokal untuk Perpustakaan Sekolah.
Selanjutnya Ali Sibram, nantinya jika diijinkan akan dirancang program kerja antara Prodi M.MPI dan Yayasan Annur Handep Hapakat dalam merancangan program kerja tahun 2019 yang fokusnya adalah pendampingan pada re-akreditasi sekolah dari Nilai C menjadi B bahkan tidak menutup kemungkian untuk mendapatan nilai A. (johan)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK