Home Berita MENYONGSONG HARI ULANG TAHUN KE 3 IAIN PALANGKA RAYA

MENYONGSONG HARI ULANG TAHUN KE 3 IAIN PALANGKA RAYA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.4K views

Oleh: Mulyono

Kepala Bagian Umum IAIN Palangka Raya

Palangka Raya – Pada bulan Agustus ini merupakan bulan bersejarah bagi warga kampus IAIN Palangka Raya, karena tahun 2018 ini IAIN Palangka Raya berusia 3 (tiga) tahun memang bila ditilik dari usia masih sangat muda, bila dikaitkan dengan usia manusia tentu masih katagori anak balita, tapi bukan itu masalahnya akan tetapi dengan usia tiga tahun ini dalam dunia akademik sudah banyak kemajuan yang dihasilkan oleh warga kampus, karena lembaga akademik adalah lembaga yang berpijak pada pandangan dan kerja ilmiah.

IAIN Palangka Raya tentu tidak hanya sekedar meluluskan sarjana dalam tiga tahun terakhir semakin meningkat, tetapi juga perlu membentuk landasan dan pondasi yang kuat agar mampu bersaing pada tataran global. Era global mempunyai dimensi yang selalu bergerak cepat, dinamis dan sukar ditebak, yang pada gilirannya apabila IAIN Palangka Raya tidak sigap akan tertinggal dengan perguruan tinggi lainnya.

Pada momen ulang tahun ini menurut hemat penulis ada 3 (tiga) hal yang perlu direvitalisasi pada lembaga IAIN Palangka Raya yang kita cintai ini yaitu (1) Tenaga Dosen dan Tenaga Kependidikan (2) Sarana dan Prasarana, dan (3) Menguatkan jejaring. Revitalisasi Dosen mendorong untuk studi lanjut doktoral, membangun dunia akademik melalui penelitian praktis implementatif, jurnal terakreditasi, dan tentu tidak kalah pentingnya peningkatan mutu pembelajaran dengan tidak adanya jam kosong dalam perkuliahan, perkuliahan yang berbasis informasi teknologi, bagi tenaga kependidikan adalah memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan user lainya dengan cepat, tepat dan ramah, tenaga kependidikan juga punya peran yang tidak ringan dalam rangka memajukan lembaga ini dengan cara inovasi dari beberapa regulasi kampus dalam segi mengolah data administrasi misal data base yang integratif dan mudah diakses. Kedua revitalisasi sarana prasarana, perguruan tinggi yang lulusannya mempunyai kompetensi yang mumpuni akan dilihat dari pemenuhan sarana prasarana, belajar di kampus dalam era digital ini tidak cukup dengan teori, tapi perlu praktik mahasiswa perlu disediakan sarana dan prasarana untuk mengembangkan peran psikomotoriknya dengan life skill yang cukup, karena mereka akan bersaing dengan teman sebayanya setelah lulus. Lulusan IAIN Palangka Raya harus menjadi pioner di lingkungannya mereka tinggal, keadaan demikian pentingnya pemenuhan sarana dan prasarana, semisal laboratorium modern, pepustakaan digital yang canggih, dan sarana yang bebasis digital lainnya. Dan yang ke tiga menguatkan jejaring, lembaga akademik seperti IAIN yang kita kelola ini perlu menguatkan jejaring dan memperluasnya, melalui kerjasama baik kerjasama regional, nasional, maupun internasional, lembaga ini akan maju kalau lembaga ini “Go International”, mengapa demikian karena adanya pengakuan, adanya hasil yang bermanfaat bagi user, lembaga ini mempunyai nilai tambah dibanding dengan lembaga tinggi lainnya, oleh sebab itu penguatan jejaring ini penting agar dengan cepat kemajuannya dan kemanfaatannya lembaga ini dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dalam rangka ulang tahun ke-3 IAIN Palangka Raya ini, mari kita memberikan sumbangsihnya tanpa pamrih berupa pemikiran dan kerja nyatanya, agar IAIN Palangka Raya ini cepat maju dan bermutu dalam membangun insani yang mumpuni. Selamat Ulang Tahun Ke-3 IAIN Palangka Raya (“Dirgahayu IAIN Palangka Raya yang semakin maju).

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK