Home Berita Suara Bagus Syarat Menjadi Seorang Reporter

Suara Bagus Syarat Menjadi Seorang Reporter

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.8K views

Palangka Raya (Inmas) – Suara bagus menjadi salah satu syarat untuk menjadi seorang reporter dan penyiar radio, hal itu diungkapkan Miftakhul Huda saat menyampaikan materi broadcasting pada pelatihan jurnalistik MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya), Senin (29/10) di ruang multi media Mankoraya.

Tak cukup suara bagus, kata penyiar radio Kalteng Pos FM (KPFM), seorang penyiar atau pewarta juga harus jelas dalam pelafalan kata baik huruf vokal maupun huruf konsonan. Intonasi suara atau penekanan pada kata yang penting pun harus diperhatikan, agar orang yang mendengarkan paham dan mengerti apa yang kita ucapkan.

Ia mencontohkan “ Disiarkan dari kawasan Cilik Riwut, inilah radio informasi dan hiburan kesayangan masyarakat Kota Palangka Raya, KPFM bersama saya Huda.” Telah tertangkap tangan empat orang anggota DPRD Prov. Kalteng, pada operasi tangkap tangan KPK di Jakarta … bla bla bla …”.

Wow, semua peserta kaget mendengar suara kak Huda saat membacakan berita, bagusnya suara sidin (kak Huda), ucap Tasya dengan kagum. Huda pun menyuruh peserta pelatihan untuk membacakan teks berita tersebut satu persatu. Majulah Aulia, Ihsan dan Vika untuk mencoba membacakan berita tersebut.

Huda memberikan apresiasi atas pembacaan peserta, ia memaklumi ada perasaan gugup dan terkesan seperti membaca teks biasa. Ia mengajak peserta untuk mengulang kembali pembacaan berita tersebut sampai pembacaannya benar dari segi pelafalan dan intonasi.

Seorang reporter atau pewarta juga dituntut menguasai bahan yang akan disampaikan kepada masyarakat, gunakan bahasa yang mudah dipahami orang banyak dan jangan sampai ketika membacakan berita tarikan napas kita terdengar, cukup satu kali tarikan napas untuk pembacaan beberapa kata yang utuh, ucap Huda.

Materi tentang broadcasting ini baru pertama kali dimasukan dalam jadwal pelatihan. Karena saat ini masyarakat Kota Palangka Raya sudah banyak kembali ke siaran radio seperti dulu lagi, sehingga informasi melalui radio ini dirasakan efektif.

Dalam pelatihan kali ini panitia menghadirkan pemateri dari tokoh insan pers dan wartawan – wartawan senior yang ada di Kota Palangka Raya. Seperti H. Sutransyah (ketua PWI Kalteng), Miftakhul Huda (Kalteng Pos Radio), Jamil Januansyah (Wartawan Kalteng Pos), Didi Hardiyanto (Wartawan Kalteng Pos), Muhamad Nur (Reporter Dayak TV), Dewi Kencana (Wartawan Palangka Post) dan Adit (owner White House). (asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK