Home Berita CIVITAS IAIN IKUTI UPACARA HAB KEMENAG KE 73

CIVITAS IAIN IKUTI UPACARA HAB KEMENAG KE 73

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 995 views

Palangka Raya – Civitas IAIN Palangka Raya ikuti Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke 73 Tahun 2019 pada kamis pagi (03/01) di Lapangan Asama Haji Almabrur.

Bertema Jaga Kebersamaan Umat yang dihairi oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng dan seluruh satker yang ada di bawah Kementerian Agama di Kota Palangka Raya.

Sambutan Menteri Agama RI yang disampaikan oleh Fahrizal Fitri Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng mengatakan pembentukan Kementerian Agama sebagai perangkat kehidupan bernegara.

“Tujuh puluh tiga tahun silam, pada 3 Januari 1946 Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga kini.” pangkasnya.

Selain itu ia mengatakan dalam rangka memperingati HAB Kemenag RI terdapat tiga poin penting diantaranya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan pancasila.

“Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti 3 pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.” tambahnya.

“Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri.” tambahnya.

Ia mengajak seluruh satker yang ada dibawah Kementerian Agama RI agar senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama.

“Saya mengajak kita semua untuk senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan. Setiap pejabat dan birokrat Kementerian Agama harus memerankan diri sebagai pelayan masyarakat dan tempat berlabuhnya kepercayaan umat. Jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaan umat dengan perbuatan korupsi dan berbagai perbuatan tak terpuji. Kita harus ingat bahwa anjuran agar menjaga integritas tidak akan banyak pengaruhnya bila kita sendiri tidak terlebih dahulu mempraktikkan dan membuktikannya.” tutupnya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK