Home Berita Memperkuat Karakter Religius Siswa, MTs Annur Programkan Kegiatan PPI

Memperkuat Karakter Religius Siswa, MTs Annur Programkan Kegiatan PPI

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.1K views

Palangka Raya (Inmas) – Madrasah tidak hanya mengajarkan teori – teori materi pelajaran saja, tetapi juga memberikan ajaran – ajaran Islam untuk membentuk karakter siswa, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Praktik Pengamalan Ibadah (PPI) seperti yang dilakukan siswa, MTs Annur Palangka Raya saat ini.

Koordinator Keagamaan, Hermilawati, S.Pd.I saat ditemui, sabtu (23/2) lalu mengatakan kegiatan PPI ini secara rutinitas sudah dilaksanakan di MTs Annur, dilaksakan setiap pagi sabtu dan pelaksanaannya mulai pukul 06.45 s.d 07.25 WIB,” Ucapnya.

Ditambahkannya, materi kegiatan PPI sudah disusun dan telah dibagi ke masing-masing siswa sebagai buku panduan mereka.

“Materi kegiatan PPI terdiri dari Hafalan Surah Pendek, Praktik Sholat, Do’a harian dan lain-lain. Saya berharap dengan dibaginya buku panduan PPI dapat membantu siswa dalam menghafal materi,”pungkasnya setelah kegiatan PPI.

Menurut Kepala MTs Annur, Rus’ansyah, S.Ag. M.Pd  Pengamalan Ibadah mengacu pada Kompetensi Inti pada kurikulum yaitu menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. “Salah satunya lewat kegiatan praktik pengamalan ibadah (PPI) untuk menguatkan karakter dan sikap spiritual relegius siswa,” ujarnya.

Ditambahkannya, kegiatan PPI ini diharapkan dapat membuat siswa memiliki hafalan tentang pengamalam Ibadah, apalagi dalam waktu dekat akan diselenggarakan ujian munaqasah.

“Menguasi berbagai materi pengamalan ibadah, menjadi kewajiban bagi siswa MTs Annur Palangka Raya, itu pula sebabnya sebelum ujian nasional, para siswa kelas IX di sekolah ini wajib mengikuti ujian munaqasah,” ujar kepala MTs Annur Rus’ansyah.

Hal serupa juga dijelaskan Siti Aisyah, S.Pd.I Guru pembimbing PPI menurutnya, sudah menjadi kewajiban siswa kelas IX sebelum ujian nasional ini hafal materi ujian Munaqasah.

“Para siswa dari kelas VII sudah dibimbing dengan Pengamalan Ibadah, ditambah lagi dengan hafalan Juz’amma, do’a harian, jadi saya harap tidak ada alasan lagi siswa untuk tidak hafal,” tuturnya.

Salah satu siswi, sebut saja Nanda kelas IX C mengaku senang dengan adanya PPI ini, menurutnya PPI ini sangat bermanfaat untuk dirinya.

“Banyak pelajaran yang saya dapat mengikuti kegiatan PPI ini, sebelum masuk MTs Annur saya belum banyak hafal surah-surah pendek, sekarang alhamdulillah hafalan saya sudah banyak,” tandasnya. (Juhairi Yansah)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK