Home Berita Diskusi Kelas Tingkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum

Diskusi Kelas Tingkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 880 views

Palangka Raya (Inmas) – Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di kelas bisa dilakukan guru melalui diskusi kelompok.

Hal ini dilakukan Asran Dirun Guru Al-Quran Hadis MAN Kota Palangka Raya saat pembelajaran di kelas X IPS 1, Selasa (26/02). Siswa terlebih dahulu dibagi menjadi 6 kelompok di mana dalam setiap kelompok ada 5 sampai 6 orang . Kemudian masing-masing kelompok diberikan tema yang akan dibahas, lalu masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompknya di depan kelas.

Untuk materi Quran  hadis  di kelas  X  saat  ini  membahas  tentang kualitas dan kuantitas hadis. Sebelum masuk kepada diskusi kelompok, minggu sebelumnya sudah dijelaskan tentang syarat-syarat hadis sahih, hasan dan daif,  sehingga untuk pertemuan berikutnya siswa secara berkelompok mencari sebuah hadis tentang keutamaan membaca surah yasin, al mulk, al waqiah, al rahman, al kahfi dan al dukhan.

Dari jalannya diskusi, masing-masing kelompok terlebih dahulu memaparkan hasil kerja kelompoknya, lalu dilemparkan kepada peserta kelompok lain untuk memberikan pertanyaan dan tanggapan. Sehingga dari sini guru sudah bisa melihat  kemampuan masing-masing siswa saat bertanya, menjawab dan menyampaikan argumentasinya.

Asran Dirun berharap dari pembelajaran model ini, siswa punya keberanian untuk berbicara di depan umum dan mereka punya pengetahuan tentang mana hadis sahih yang wajib untuk diamalkan dan mana hadis daif yang untuk ditinggalkan, pungkasnya (asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK