Home Berita Manfaatkan Hari Libur,Siswa Mankoraya Tanam Hidroponik

Manfaatkan Hari Libur,Siswa Mankoraya Tanam Hidroponik

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 750 views

Palangka Raya (Inmas) – Tak ada waktu untuk santai bagi 4 cowok Mankoraya ini, sekalipun di hari libur. Abdullah Makarim,  Indra Atma Wijaya, Muhammad Bismo Saputra Dan Muhammad Zaki Sibghatullah siswa kelas XI Mipa 3 memanfaatkan waktu libur Hari raya Nyepi kemarin (07/03) untuk menanam hidroponik di bagian belakang madrasah .

Keinginan menanam hidroponik ini muncul dari motivasi guru keterampilan Ambisi Ulya dan guru biologi Kustiyah. Memang sebelumnya kami sudah pernah menanam hidroponik dan sempat berhenti, kata Kustiyah.

Melihat kondisi ini muncul ide dari kawan-kawan guru untuk menyarankan agar instalasi tanam yang ada bisa dimanfaatkan, karena kalau instalasi dibiarkan terlalu lama maka akan rusak .

Kamis pagi Karim dan kawan-kawan di dampingi Kustiyah dan Asran Dirun memulai membenahi instalasi tanam yang sudah lama tidak dipakai . Mesin air dipasang lalu dihidupkan lalu biarkan air mengalir hingga ke semua media tanam , sambil memeriksa kalau-kalau ada pipa yang bocor .

Jika media tanam sudah bersih, lalu siapkan vitamin tanaman untuk dilarutkan ke dalam bak penampungan air yang disesuaikan dengan jumlah tanaman yang akan ditanam . Setelah vitamin larut bersama air , ukur terlebih dahulu tingkat keasaman air dan kadar nutrisi dengan menggunkan TDC dan pH meter digital .

Jika kadar pH air sudah berkisar antara 6 – 7 dan kadar nutrisi sudah mencapai 500 ppm, maka tanaman sudah bisa dimasukan ke dalam pipa instalasi .

Dari instalasi media tanam yang ada hanya mampu menampung  175 bibit tanaman. Saat ini yang baru kami tanam hanya jenis pakcoy dan selada . Mudah-mudahan dalam waktu satu bulan tanamannya sudah bisa dipanen , ucap Karim yang diaminkan kawan-kawan . (asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK