Home Berita Kongres Tahunan PABKI di Ambon, BKI IAIN Palangka Raya Mengutus Dutanya

Kongres Tahunan PABKI di Ambon, BKI IAIN Palangka Raya Mengutus Dutanya

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.6K views

Ambon tanggal 7-9 April 2019, diadakan Pertemuan tahunan Program Studi BKI/BPI se-Indonesia yang diselenggarakan di Negeri Raja-Raja Maluku, Ambon. Kegiatan ini diinisiasi oleh Prodi BKI IAIN Ambon bekerja sama dengan Perhimpunan Ahli Bimbingan Konseling Islam (PABKI) Pusat. PABKI sendiri merupakan Asosiasi yang menaungi seluruh Program Studi BKI/BPI se-Indonesia. Saat ini, sudah terbentuk beberapa kepungurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PABKI. Dalam kesempatan ini juga dilangsungkan Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKIN/PTKIS se-Indonesia.

Prodi BKI IAIN Palangka Raya mendapat kehormatan sebagai salah satu peserta dalam kegiatan ini. Ihsan Mz, M.Psi, salah satu Dosen BKI IAIN Palangka Raya diutus sebagai perwakilannya. Pada kesempatan ini, hadir delegasi dari berbagai PTKIN di antaranya dari Lampung, Padang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Tulungagung, Surabaya, Samarinda, Palangka Raya, Pontianak, Palopo, Palu, dan Ambon.

Rangkaian acara ini diisi dengan pelaksanaan Seminar Nasional yang disampaikan oleh Prof. Dr. Yahya Jaya, M.A (Guru Besar UIN Imam Bonjol, Padang) dan Dr. Aep Kusnawan, M.Ag (Ketua Presidium PABKI Pusat, Dosen UIN Sunan Gunung Djati, Bandung). Tema seminar ini adalah “PABKI: Menghidupkan Living Values Dalam Menangkal Generasi Z di Tengah Masyarakat Multikultural”. Seluruh peserta seminar nampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Dalam kesempatan ini pula, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PABKI Provinsi Maluku dibentuk. Panitia kegiatan, Ainun Diana Lating, M.Si yang merupakan Dosen IAIN Ambon menyebutkan bahwa pengurus yang dibentuk ini berasal dari Dosen-dosen Prodi BKI IAIN Ambon juga alumni BKI yang telah tersebar di beberapa tempat. Dengan pengukuhan DPW PABKI Provinsi Maluku ini, semakin menegaskan bahwa PABKI mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Setelah seluruh rangkaian acara inti berakhir, panitia kegiatan mengajak seluruh peserta untuk City Tour, berkeliling-keliling menyaksikan dari dekat keindahan kota Ambon, yang juga dijuluki City of Music. Tujuan utama peserta adalah Pantai Hukurila. Pantai ini terletak di Desa Hukurila, bagian selatan Pulau Ambon Kecamatan Leihitu Selatan. Pantai yang menghadap langsung ke Laut Banda ini berjarak 12 kilometer atau sekitar 20 menit dari Kota Ambon. Selama ini, pantai Hukurila dikenal akan keindahan bawah airnya. Selain keindahan Pantai Hukurila, pihak panitia juga menyuguhkan aneka buah-buahan kepada seluruh peserta. Luar biasa pelayanan tuan rumah, “Pribumi”. Terima kasih BKI Ambon, terima kasih semuanya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK