Home Berita DPW BKPRMI KALTENG ADAKAN PESANTREN RAMADHAN

DPW BKPRMI KALTENG ADAKAN PESANTREN RAMADHAN

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 831 views

Palangka Raya – Sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan dakwah dan peningkatan pengetahuan agama di masyarakat pedesaan Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPW-BKPRMI) Provinsi Kalteng melaksanakan safari ramadhan yang sekaligus diisi dengan Pesantren Kilat Ramadhan (PKR) pada sabtu dan ahad 18 s.d 19 mei 2019 yang berlokasi di desa Sidumulyo Masjid Almuhajirin Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu. Kegiatan ini diikuti oleh semua tingkatan usia laki-laki dan perempuan, mulai dari anak-anak, remaja bahkan para tetua masyarakat setempat yang terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan PKR ini digagas oleh gabungan empat ormas Islam, yakni PW DMI dan DPW BKPRMI Kalteng serta DPD BKPRMI dan KUI Kota Palangka Raya. Acara ini dibuka langsung oleh Rus’ansyah, S.Ag,M.Pd selaku ketua Umum DPW BKPRMI Kalteng sebagai perwakilan dari ormas Islam pada acara pembukaan Sabtu, (18/5) di ruang utama masjid Almuhajirin. Pada kesempatan itu juga diserahkan 25 paket ramadhan secara simbolis kepada kaum dhuafa kerjasama BAZNAS Provinsi Kalteng.

Dalam sambutannya Rus’ansyah mengatakan bahwa BKPRMI sejak berdirinya hingga sekarang memang mempunyai program yang nyata dan menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat, ormas ini juga punya peran strategis dalam pembinaan moralitas (akhlak) dan pengembangan skill generasi muda Islam, senantiasa bertekad dan berupaya memberantas buta huruf Al-Qur’an melalui gerakan Taman Kanak-kanak Alqur’an. Sehingga PKR yang dilakukan jajaran pengurus BKPRMI ini sangat terasa sekali dampak positifnya bagi masyarakat setempat, dengan beberapa materi yang disuguhkan seperti fardhu kifayah/praktek penyelenggaraan jenazah, pelatihan khatib bilal dan imam, pembinaan dan pengkaderan ustaz/ustazah TK Al-Qur’an, materi fiqh tauhid dan metode belajar sambil bercerita dan berbamin bagi anak-anak. Disamping materi tersebut juga ada kegiatan pembacaan yasin zikir dan ceramah menjelang buka puasa, sholat taraweh, tadarus Al-Qur’an,  buka puasa dan sahur bersama, simulasi Praktek Keagamaan dan Bimbingan ibadah. Ustaz yang menyampaikan materi PKR antara lain ustadz Akhmad Supriadi,S.HI, M.S.I, Rus’ansyah,S.Ag,M.Pd, Jarkasi, S.PdI, H. Anshori, M.Pd.I. Heldayani, S.HI, dan Nor Hidayah, M.Pd. Guna menambah kemeriahan kegiatan tersebut dan sebagai motivasi para peserta yang hadir, juga diadakan beberapa lomba, yaitu mewarnai gambar masjid, hafalan surah pendek, azan dan lomba vashion show bagi santri TK/TPA Alqur’an dan remaja masjid dengan berbagai hadiah yang cukup menarik.

Tujuan kegiatan PKR memanfaatkan momentum Ramadhan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjalin tali silaturrahim, mendalami dan mengkaji Al-Qur’an serta pengetahuan agama dalam upaya membentuk pribadi masyarakat sehingga peduli terhadap sesama dan Pembelajaran Al-Qur’an dengan thema Sucikan diri dan Bersihkan hati mewujudkan insan muttaqin di bulan Suci untuk menuju Kalteng Berkah.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK