Home Berita PELATIHAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

PELATIHAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.5K views

Palangka Raya – Desa/kelurahan sebagai penyelenggara pemerintahandan kemasyarakatan perlu difasilitasi dan didukung dengan lembaga layanan sosial dan layanan publikyang dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya yaitu perpustakaan desa/kelurahan. Keberhasilan penyelenggaraannya sangat tergantung pada pengelola yang terampil dan penuh dedikasi. Demikian juga dengan perpustakaan sekolah/madrasah, hingga dapat menjadi sarana dan sumber belajar di sekolah. Jangan sampai perpustakaan di sekolah hanya sebagai pelengkap saja. Oleh karena itu perlunya pelatihan ini,karena dapat memberikan pemahaman dan keterampilan terkait pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa bagi mahasiswa dan alumni yang akan berkiprah di masyarakat, baik itu melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata, maupun alumni yang sudah mengabdi di sekolah/madrasah.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dan alumni dalam hal pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa sebagai bekal mereka berkiprah di masyarakat, baik pada saat mereka praktik kerja lapangan di sekolah, pada saat ber-KKN atau sudah bekerja pada sekolah tertentu atau pada lembaga layanan publik lainnya di masyarakat. Terlebih lagi dengan adanya kebijakan satu desa satu perpustakaan dan setiap sekolah yang diwajibkan mempunyai sarana sumber belajar berupa perpustakaan. Mengingat perpustakaan sekolah sampai sekarang kebanyakannya dikelola oleh para guru yang umumnya tidak punya latar belakang pengetahuan dalam mengelola perpustakaan. Terkadang layanan perpustakaan sekolah mereka tugaskan kepada mahasiswa yang berpraktik di sekolah tersebut, sedangkan mahasiswa sendiri juga tidak memahami terkait dengan pengelolaan perpustakaan, karena di perguruan tinggi mereka tidak diajarkan tentang pengelolaan perpustakaan. Begitu pula dengan perpustakaan desa yang hampir setiap desa ada, namun pengelolaannya belum standar, sehingga oleh kepala desa yang kebetulan desanya ditempati oleh mahasiswa KKN diminta untuk membenahi perpustakaan desa, sementara mahasiswa yang diminta tolong juga tidak memahami dan terampil terkait dengan pengelolaan perpustakaan.

Wakil Rektor III, Bapak Dr. Sadiani, MH mewakili Rektor IAIN Palangka Raya saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelatihan ini sangat men-support kegiatan ini dan menyampaikan kesan pengalaman beliau yang pernah mengabdi di perpustakaan, sehingga mendapatkan ilmu tentang perpustakaan. Berdasarkan kemanfaatan yang pernah dirasakan, beliau berpesan agar peserta betul-betul mengikuti tiap materi yang disajikan, dan hendaknya kegiatan berikutnya juga menyertakan pengelola perpustakaan masjid/Islam.

Kegiatan ini (pengelolaan perpustakaan secara manual) dan terotomasi sebagaimana yang kebanyakan yang masih dilakukan di sekolah dan desa, akan berlanjut pada pelatihan berikutnya dengan materi lanjutan yaitu pengelolaan perpustakaan secara digital. Supaya pelatihan ini betul-betul dirasakan kemanfaatannya oleh sekolah dan desa, maka memberikan kesempatan secara terbuka dan gratis kepada peserta dan pengelola perpustakaan sekolah dan satuan kerja lain untuk belajar, praktik pengelolaan dan aplikasi layanan perpustakaan. Demikian disampaikan oleh kepala UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya, Bapak Usman S.Ag, S.S., M.Hi.

Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 2 Juli 2019 di aula lantai 3 perpustakaan IAIN Palangka Raya. Diikuti oleh 50 peserta dari mahasiswa yang mempersiapkan diri untuk melaksanakan KKN, dan alumni dari dalam dan luar kota Palangka Raya yang hampir semuanya ditugasi mengelola perpustakaan sekolah/madrasah. Materi pelatihan disampaikan oleh pengelola dan pustakawan IAIN Palangka Raya, diikuti secara maksimal oleh semua peserta mulai teori sampai praktik yang sebelumnya sudah dibantu panitia untuk instalisasi aplikasi layanan perpustakaan yang bisa digunakan di sekolah/madrasah.

Sumber : Perpustakaan IAIN Palangka Raya

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK