Home Berita PENTINGNYA MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENTINGNYA MANAJEMEN PENDIDIKAN

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 18.2K views

Manajemen dalam dunia pendidikan menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk menjamin kualitas pendidikan, agar betul-betul nampak outcome-nya. Namun masih banyak lembaga pendidikan yang masih mengelola seadanya tanpa manajemen yang bagus. Manajemen pendidikan yang bagus adalah lembaga pendidikan yang visioner, berawal dari misi yang jelas untuk luaran yang berkualitas. Karenanya manajemen yang tepat menjadi sebuah keharusan.

Bagaimana mengubah manajemen tradisional menjadi manajemen yang modern sesuai dengan tuntutan zaman. Hal ini harus disadari betul oleh pelaku manajemen, agar sasaran-sasaran ideal pendidikan bisa dipenuhi dan terwujud melalui proses mengoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan seperti: tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana pendidikan misalnya laboratorium, perpustakaan, lapangan olah raga, tempat ibadah, dan sebagainya untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Melalui perkembangannya, manajemen pendidikan membutuhkan sumber daya manusia yang baik untuk pengelolaan pendidikan. Mirisnya, dalam tatanan praktis masih merupakan hal yang elusif. Masih banyak dijumpai penyelenggara pendidikan yang beranggapan bahwa itu tidak atau kurang penting. Padahal, tanpa adanya manajemen pendidikan yang baik, dipastikan pendidikan tidak akan berproses maksimal, maka hasilnya pun seiring dengan proses yang dilakukan.

Harapannya, suatu saat nanti Indonesia akan memiliki sumber daya manusia handal yang dapat mengelola pendidikan. Peran guru dan Perguruan Tinggi seperti IAIN Palangka Raya sangat dibutuhkan untuk menerapkan dan mengeluarkan lulusan yang mampu menggerakkan pendidikan melalui manajemen pendidikan yang profesional. (Pahriati)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK