Home Berita IAIN PALANGKARAYA DAN BPK RI ADAKAN KULIAH UMUM

IAIN PALANGKARAYA DAN BPK RI ADAKAN KULIAH UMUM

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.2K views

Palangka Raya – Dalam rangka mewujudkan visi dan misi membentuk mahasiswa yang unggul serta memiliki character building agar nantinya mengeluarkan lulusan mahasiwa yang memiliki karakter bersih dan memiliki integritas tinggi. Dalam hal ini IAIN Palangka Raya mengadakan kerjasama dengan lembaga BPK RI yang selaras memiliki program GO Kampus. Pada acara kuliah umum ini sebagai pembicara Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A. bertempat di Aula IAIN Palangka Raya, kegiatan ini dihadiri oleh 1300 lebih mahasiswa IAIN Palangka Raya dan dihadiri juga oleh Rektor, Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan, Wakil dekan, beserta jajaran civitas IAIN Palangka Raya.

Pada paparan tersebut Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A menyampaikan materi tentang pungsi dan peran BPK selaku lembaga pemeriksa instansi pemerintah adalah cek and balance, untuk tujuan yang dimaksud maka perlu sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan korupsi,”ujar Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.

Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A mengatakan BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Melalui pemeriksaan yang berkualitas, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A menjelaskan, BPK mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara. “BPK mendorong agar pengelolaan keuangan negara transparan dan bertanggung jawab, tetapi kalau di dalam pemeriksaan itu ditemukan adanya tindak pidana korupsi, maka diserahkan ke aparat penegak hukum,” tutur Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.

Dia juga mengatakan kewenangan BPK memiliki kode etik yang mengatur berjalan tugas BPK. “Kewenangan BPK mempunyai Mahkamah kode etik BPK,”.

Kegiatan kuliah umum ini berlangsung tertib dan hikmad serta diikuti dengan serius oleh para mahasiswa IAIN Palangka Raya. Untuk menjaga suasana tidak monoton, usai memaparkan materinya, Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A. memberikan kesempatan tanya jawab, bertanya dan mengutarakan pendapat bagi para peserta kuliah umum. Tidak sedikit mahasiswa yg antusias untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Wakil Ketua BPK RI.

Sesi akhir acara dilakukan penyerahan pertukaran sertifikat Wakil Ketua BPK RI dengan Rektor IAIN Palangka Raya kepada mahasiswa

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK