Home Berita BPK Goes to Campus di IAIN Palangka Raya Hadirkan Wakil Ketua BPK sebagai Narasumber Utama

BPK Goes to Campus di IAIN Palangka Raya Hadirkan Wakil Ketua BPK sebagai Narasumber Utama

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 704 views

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelenggarakan kegiatan BPK Goes to Campus di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (8/8/2019). Mengusung tema “Peran BPK dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara” acara yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan public awareness BPK di kalangan akademisi ini menghadirkan Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar sebagai narasumber utama.

Dalam kegiatan yang dikemas dengan kuliah umum tersebut, Wakil Ketua BPK menjelaskan mengenai profil singkat BPK, yaitu tentang kedudukan BPK dalam penyelenggaraan Negara, tugas dan wewenang, visi dan misi, tujuan strategis dan nilai-nilai dasar, serta struktur organisasi BPK.

Dalam paparannya, Wakil Ketua BPK menjelaskan, bahwa BPK merupakan bagian dari 4 (empat) pilar lembaga tinggi negara, pilar pertama adalah Eksekutif, yaitu Presiden. Pilar yang kedua Legislatif, yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Pilar yang ketiga Yudikatif, yaitu Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY). Dan pilar yang keempat penyeimbang, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan.

Wakil Ketua BPK mengatakan, bahwa BPK berfungsi sebagai penyeimbang di bidang keuangan antara kepentingan eksekutif dengan legislatif dan yudikatif. “BPK menjadi check and balance antara kepentingan eksekutif dengan legislatif dan yudikatif, jadi kalau ada dispute (perselisihan), maka BPK memberikan arahan dalam bentuk balancing of power di bidang keuangan”, ungkap Wakil Ketua BPK.

Selain itu, Wakil Ketua BPK juga mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, para pemeriksa harus mematuhi nilai-nilai dasar BPK yaitu Integritas, Independesi, dan Profesionalisme, sehingga pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dapat menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Selain Wakil Ketua BPK, kuliah umum yang dibuka oleh Rektor IAIN Palangka Raya, Khairil Anwar ini juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Wakil Ketua BPK, Nizam Burhanuddin sebagai moderator, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Ade Iwan Ruswana, dan pejabat serta pelaksana di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa, rektor, wakil rektor dan staf pengajar IAIN Palangka Raya tersebut bertujuan untuk menjalin komunikasi, serta meningkatkan kerja sama yang efektif antara BPK RI dengan para pemangku kepentingan, khususnya kalangan akademisi. Sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait tugas, fungsi dan pera BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara.

sumber:https://www.bpk.go.id/news/bpk-goes-to-campus-di-iain-palangka-raya-hadirkan-wakil-ketua-bpk-sebagai-narasumber-utama

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK