Home Berita MGMP Matematika MTs Kota Palangka Raya Gelar Kegiatan Profesionalisme Guru

MGMP Matematika MTs Kota Palangka Raya Gelar Kegiatan Profesionalisme Guru

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1K views

Palangka Raya (Humas) – Sebanyak 20 guru mata pelajaran matematika MTs se Kota Palangka Raya yang digabung dalam kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika tingkat MTs mengikuti pembinaan profesionalisme guru di MTs Annur Palangka Raya, Jumat (20/9/2019) lalu.

Ketua MGMP Matematika tingkat MTs, Exca Yeana mengatakan, kegiatan pengembangan keprofesian guru baik dan perlu dilakukan guna keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

”Saat ini pengembangan karir guru secara terprogram, berkelanjutan dan sesuai kebutuhan menjadi sangat penting dan diperlukan untuk meningkatkan kemampuan guru profesional, apalagi dengan pemberlakuan Permen PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya,” ungkap Exca.

Lebih lanjut, menurut guru yang sehari-hari mengajar matematika di MTs Annur ini mengatakan dipilihnya kegiatan pembinaan kali ini karena salah satu kemampuan guru yang perlu mendapat perhatian adalah kemampuan membuat publikasi ilmiah diantaranya menyusun atau mengembangkan bahan ajar seperti RPP dan modul.

Sementara Ketua Pokjawas Kemenag Kota Pelangka Raya, H. Syamsuddin dalam mengatakan MGMP merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan untuk keselarasan dalam proses pembelajaran diantaranya dalam pembuatan RPP. Karena menurut Syamsuddin proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Matematika tergantung bagaimana perencanaan guru dalam mengajar.

Lebih lanjut, Syamsuddin menjelaskan tentang Implementasi Pendidikan pada abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Kecakapan Abad 21 yang terintegrasi dalam Kecakapan Pengetahuan, Keterampilan dan sikap serta penguasaan TIK dapat dikembangkan melalui: (1) Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill; (2) Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills); (3) Kecakapan Kreatifitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); dan (4) Kecakapan Kolaborasi (Collaboration). Keempat kecakapan tersebut telah dikemas dalam proses pembelajaran kurikulum 2013,” jelasnya.

Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, imbuh Syamsuddin memiliki tujuan untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten dan literat.

“Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan pengalaman belajar yang bervariasi mulai dari yang sederhana sampai pengalaman belajar yang bersifat kompleks. Dalam kegiatan tersebut guru harus melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran abad 21,” pungkas Syamsuddin. (juhairi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK