Home Berita Mahasiswa Pascasarjana IAIN Palangka Raya Raih Best Paper di Forum Internasional

Mahasiswa Pascasarjana IAIN Palangka Raya Raih Best Paper di Forum Internasional

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.3K views

Palangka Raya – Alfina Rahmatia, Mahasiswa Magister Ekonomi Syariah IAIN Palangka Raya yang akrab disapa Alfin, mengikuti kegiatan 1st International Forum on Business and Economy (IFBE) yang diadakan oleh Universitas Lambung Mangkurat pada tanggal 13 – 14 Nopember 2019. Kegiatan tersebut mengusung tema Business and Economy in Disruptive Era yang langsung dihadiri oleh keynote speakers yaitu; Dr. Arlyana Abubakar – Direktur Bank Indonesia, Prof. Dr. Raja Rasiah dari University of Malaya, dan Abdy Taminsyah – President of MonsoonSIM.

Tidak hanya ikut serta, tetapi Alfin juga lolos untuk mempresentasikan papernya yang berjudul “Exploring Muslim Generation Z Perspectives toward Halal Cosmetics” tidak ia sangka akan menjadi bagian best paper dari 38 paper presenters berlatar belakang universitas dan perguruan tinggi yang berbeda-beda. Alfin berujar: “Penelitian saya itu sebenarnya sederhana tetapi masih cukup baru di dunia research khususnya terkait halal cosmetics. Saya sendiri tertarik mengangkat judul itu karena melihat teman-teman seumuran saya yang terpapar virus-virus skincare dari media sosial, hahaa, jadi penasaran pengen mengulik.”

Alfin sendiri mulanya merasa malu dan sungkan karena harus bersaing dengan peserta yang sebagian besar adalah bapak dan ibu dosen di Perguruan Tinggi. “Malu bangeet, sungkan gimanaa gitu, hehe. Tapi akhirnya saya menyakinkan diri sendiri kalau saya dan semua peserta sedang sama-sama mau belajar dan eksplorasi diri lebih luas, jadi ngga ada alasan buat malu apalagi minder. Practice makes perfect kalau kata orang-orang.”

Selain membawa predikat best paper 4, Alfin juga mengikuti rangkaian kegiatan lain dari IFBE berupa Workshop on ERP Business Simulation menggunakan MonsoonSIM Application “Preparing Students for Today’s Mobile Workforce” di mana tanpa Alfin sangka pula, kelompoknya menjadi juara satu dalam simulasi tersebut dari 10 kelompok dengan pencapaian cash on hand dan net profit tertinggi.

“Simulasinya seru banget. Kayak main game tapi mutar otak juga, hahaa. Aplikasi itu bangus banget buat melatih kecerdasan kognitif anak bahkan sejak dini. Pun tentunya IAIN Palangka Raya perlu mengetahui aplikasi ini untuk dosen dan mahasiswanya. Semoga saya dikasih kesempatan oleh kampus, hehe, siapa tau bisa berbagi pengalaman terkait hal ini. Beneran deh, seru banget. Bahkan sudah banyak universitas ternama di Indonesia hingga Mancanegara yang menjadikan aplikasi ini sebagai modul pembelajaran”, ujar Alfin.

Alfin juga mengucapkan terima kasih banyak untuk kampus IAIN Palangka Raya terkhusus pascasarjananya yang bisa terus mendukung mahasiswanya untuk ikut serta mewakili kampus dalam kegiatan-kegiatan seperti ini baik skala nasional maupun internasional. Semoga semakin banyak pula mahasiswa yang melebarkan sayap kebermanfaatannya untuk mengharumkan dan mengangkat nama IAIN Palangka Raya.

Kaprodi MES ibu Dr. Muslimah sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh Alfina Rahmatia mahasiswa MES IAIN Palangka Raya, karena sudah beberapa kali membawa nama baik kampus khususnya pascasarjana IAIN Palangka Raya di even nasional dan internasional. Semoga mahasiswa dan alumni lainnya terus mampu mengabdikan diri di dunia luar kampus, melebarkan sayap kebermanfaatannya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK