Home Berita FEBI ADAKAN SOSIALISAI UM-PTKIN DAN SILATURAHMI BERSAMA KABANPENDA DAN KEPALA SEKOLAH DIKALTENG

FEBI ADAKAN SOSIALISAI UM-PTKIN DAN SILATURAHMI BERSAMA KABANPENDA DAN KEPALA SEKOLAH DIKALTENG

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 791 views

IAIN PALANGKA RAYA – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya mengadakan sosialisasi UM-PTKIN dan silaturahim bersama KABAPENDA Prov. Kalteng, kepala-kepala sekolah dari SMA/SMK/MA/MAN sederajat di wilayah Kotim, Kobar, dan Seruyan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 02 Juni 2020 dilakukan melalui sambungan virtual atau dalam jaringan (daring) menggunakan aplikasi ZOOM.

UM-PTKIN merupakan seleksi masuk Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama dibawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Sosialisasi ini didampingi oleh Dr. KH. Khairil Anwar, M.Ag., selaku Rektor IAIN Palangka Raya dan Dr. Sabian, S.H, M.Si., selaku Dekan FEBI IAIN Palangka Raya.

Pembicara Utama pada sosialisasi ini adalah Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalteng H. Kaspinor, S.E., M.Si dengan Pembicara Pendamping kepala-kepala sekolah dari SMA/SMK/MA/MAN sederajat di wilayah Kotim, Kobar, dan Seruyan M. Darma Setiawan, S.Pd (Kepala SMAN 1 Sampit), Drs. Kodarahim (Kepala SMAN 2 Sampit), Drs. Livenur Hasby (Kepala SMAN 3 Sampit), Reindra Abdi Rahman, S.H (Kepala MA Darul Mukmin Seruyan), Bashori Alwi,S.Pd (Kepala SMAN 2 Kuala Pembuang), Drs. Fathrurraji (Kepala SMKN 3 Pangkalan Bun), Drs. Ridwan (Kepala SMAN 1 Pangkalan Bun), dan Drs. Riyanto (Kepala MAN Pangkalan Bun).

Dr. KH. Khairil Anwar, M.Ag menyampaikan tentang bagaimana kesempatan atau peluang-peluang yang ada di kota Palangka Raya, beberapa sektor yang berpotensi untuk meberikan suatu peluang besar dalam kesempatan bagi mahasiswa dalam beriwausaha. Selanjutnya Dr. Drs. Sabian Utsman, SH.,M.Si mengungkapkan, di FEBI sendiri ada 39 usaha kecil dan menengah yang terkena dampak situasi Covid-19, dan hanya 18 yang tetap eksis. Mereka yang eksis itu adalah mereka yang banting stir, ada usaha yang mati total akhirnya beralih menjadi melayani konsumsi, dimana akhirnya yang kreatif adalah merekalah bisa bertahan. Dan juga sebelum dilaksanakannya wisuda, FEBI selalu mengadakan pesta lowongan kerja, jadi kepala-kepala perbankan dan kepala-kepala lembaga keuangan diundang untuk bergabung untuk memberikan arahan kepada mahasiswa sesuai kompetensi mahasiswa.

H. Kaspinor, SE.,M.Si  mengatakan salah satu dampak situasi Covid-19 ini adalah pada kesehatan dan perekonomian (penurunan dari sisi penawaran, produksi yang berpengaruh kepada pendapatan kapital masyarakat). Dengan itu dibutuhkannya memperkuat pendidikan sumber daya manusia, pengetahuan yang berkenaan dengan lingkungan bisnis internal maupun eksternal oleh para mahasiswa, maka ketika keluar perguruan tinggi sudah dapat memahami apa yang bisa dilakukan dengan pemahaman yang dimilikinya. Selain itu, bagaimana bisnis kedepan yang dihadapkan dengan dunia baru yang didukung teknologi digital, bagaimana memaksimalkan dengan baik berbisnis di lingkungan teknologi yang tinggi, dengan lingkungan yang begitu dinamis.

Sosialisasi ini diharapkan teredukasinya mahasiswa, siswa dan masyarakat dengan merata dalam bidangnya masing-masing agar dapat bertahan diberbagai segi, terutama dalam segi perekonomian, sehingga dapat bertahan dalam situasi Covid-19 ini. Semoga Covid-19 cepat berakhir dan perekonomian pun kembali pulih.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK