Home Berita KKN-DRSK DALAM MASA TANGGAP COVID-19

KKN-DRSK DALAM MASA TANGGAP COVID-19

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1K views

IAIN Palangka Raya – Kuliah kerja Nyata (KKN) merupakan salah mata kuliah intra kurikuler yang wajib diikuti seluruh mahasiswa IAIN Palangkaraya yang telah menempuh minimal semester 6 (enam) atau 7 (tujuh). Pada tahun 2020 ini KKN- DRSK yang dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana mahasiswa KKN berada di luar daerah Palangka Raya, pada tahun ini sehubungan dengan masih belum pulihnya covid-19 maka pihak Lembaga (IAIN) Palangka Raya berinisiatif mengadakan KKN dengan konsep KKN-DRSK (Kuliah Kerja Nyata – Dari Rumah dan Sekitar Kampus) hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pada hari Rabu tanggal 17 Juni 2020, KKN–DRSK  dibuka langsung oleh Rektor IAIN Palangkaraya Dr. H .Khairil Anwar, M.Ag. Dalam pengarahannya Rektor IAIN Palangka Raya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara (LP2M), kepada seluruh mahasiswa peserta KKN-DRSK Rektor berpesan agar mengikutinya dengan baik, sebab KKN tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan wabah virus corona yang belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Dalam  kesempatan  yang sama Rektor IAIN Palangka Raya menyampaikan kepada  mahasiswa agar memberikan literasi/edukasi yang benar kepada masyarakat, menjaga lingkungan serta kebersihan, berperilaku hidup sehat, dan menangkal  faham liberal selama melaksanakan KKN.

Pada kesempatan yang sama Ketua LP2M, Ajahari, M.Ag menyampaikan laporan, kegiatan KKN DRSK yang diikuti oleh 828 mahasiswa (290 laki-laki dan 530 perempuan). Dalam pelaksanaannya KKN-DRSK  dilaksanakan  secara online, mahasiswa selama berada dirumah masing-masing agar menyampaikan laporan kegiatannya melalui media sosial (FB, Instagram, dan telegram). KKN-DRSK Angkatan XXXIII rencananya dimulai tanggal 10 Juli s/d 20 Agustus 2020 (online) dilanjutkan Orientasi Mahasiswa untuk KKN di Kampus dan Pengabdian Masyarakat tanggal 20 s/d 30 Agustus dan Pengabdian Masyarakat ke Lembaga  tanggal 1-10 September 2020.

Secara tekhnis pelaksanaan KKN-DRSK dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu 1. KKN DRSK secara daring (online) selama berada di rumah masing-masing dan luring (offline) ketika mahasiswa KKN di lingkungan kampus, 2. KKN DRSK dilakukan secara berkelompok dengan ketentuan,

Perserta KKN-DR dapat melakukan beberapa kegiatan antara lain :

  • Menjadi relawan covid-19,
  • Melakukan edukasi terhadap masyarakat dengan memanfaatkan media sosial
  • Pemanfaatn ICT
  • Karya tulis berupa jurnal atau buku

KKN-SK dilakukan secara berkelompok, dengan melakukan penataan di dalam lingkungan kampus IAIN Palangka Raya seperti penanaman bunga dan pohon, pembuatan taman, melakukan pengabdian secara kolektif pada Lembaga Pendidikan, hukum, Keuangan  dan sosial keagamaan demikian disampaikan sekretaris BP KKN-DRSK Abdul Azis, M.Ag

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK