Home Berita MEMBUMIKAN PANCASILA DI LINGKUNGAN KAMPUS, IAIN PALANGKA RAYA KERJASAMA DENGAN BPIP

MEMBUMIKAN PANCASILA DI LINGKUNGAN KAMPUS, IAIN PALANGKA RAYA KERJASAMA DENGAN BPIP

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 847 views

IAIN PALANGKA RAYA – Menghadapi tantangan zaman sekarang ini Indonesia yang merupakan Bangsa besar dengan keragaman suku, budaya dan agama perlu meningkatkan upaya toleransi, kebinekaan dan kebebasan beragama dengan pembinaan ideologi Pancasila. Melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) salah satunya IAIN Palangka Raya.

Nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs.K.H. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D dengan Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag di Le Dian Hotels & Cottages Serang, Banten. Senin (13/07) hari ini.

Sejak reformasi 1998, nilai-nilai Pancasila sudah tidak diajarkan di sekolah dan madrasah dan juga kurang disosialisasikan di tengah masyarakat, terutama kepada kaum milenial sehingga ada kaum milenial dan masyarakat tidak banyak lagi mengenal nilai dan dasar Pancasila dalam berbangsa dan bernegara. Untuk itu perlu upaya terstruktur, sistematis, masif dalam mengenalkan dan mensosialisasikan lewat PTKIN termasuk IAIN Palangka Raya.

Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag berharap “dari struktur IAIN Palangka Raya kedepannya perlu membuat satu unit yang menangani tentang rumah moderasi beragama dan studi Pancasila kemudian secara sistematis, nilai-nilai moderasi beragama dan nilai Pancasila dimasukkan dalam tridharma Perguruan Tinggi dan disosialisasikan secara masif lewat media sosial dengan narasi yang positif dan konstruktif. Namun, yang tidak kalah pentingnya dalam internalisasi nilai moderasi beragama dan nilai Pancasila di kalangan milenial adalah keteladanan para pejabat dan pemimpin.” Ujarnya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK