Home Berita MAHASISWI FUAD MENULISKAN BUKU BERJUDUL “JURNALISTIK DALAM KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM”

MAHASISWI FUAD MENULISKAN BUKU BERJUDUL “JURNALISTIK DALAM KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM”

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 856 views

IAIN PALANGKA RAYA – Persma Al-Mumtaz– Mahasiswi FUAD atas nama Novita Damayanti , Ahsanu Amalaa & Lulu Al Annafis menuliskan buku berjudul “Jurnalistik Dalam Komunikasi Penyiaran Islam.” Buku ini di terbitkan pada Juni 2020 dengan label IAIN Palangka Raya Press. Mahasiswi prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam ini menerbitkan buku dengan alasan dan tujuan karena penulis prihatin dengan situasi dan kondisi zaman era digital kiwari. Pesatnya kemajuan dan kecanggihan teknologi, komunikasi, dan informasi tidak berimbang dengan kemajuan pengetahuan masyarakat muslim Indonesia, sehingga dalam kondisi “kemiskinan” Pengetahuan literasi masyarakat, jika ada berita langsung dibagikan-karena dengan begitu gampangnya kiwari membagikan suatu berita tanpa melakukan sikap Tabayyun  terlebih dahulu. Dampak buruk dari perilaku tersebut, yaitu tidak sedikit berita yang beredar luas di masyarakat merupakan berita bohong (hoax) yang dapat menyebabkan terjadinya fitnah dan gibah.

Melalui buku inilah kami harapkan bisa menjadi panduan awal bagi sidang pembaca dalam meneroka jagat jurnalistik di berbagai jenis media, baik cetak, daring, televisi maupun radio dengan perspektif Islam.” ungkap Novita.

Tidak hanya itu Ahsanu Amalaa dan Lulu  AL  Annafis mengungkapkan perasaan nya saat berkontribusi dalam kepenulisan buku berjudul Jurnalistik Dalam Komunikasi Penyiaran Islam

“Perasaan saya bahagia bercampur haru karena dapat berkontribusi dalam penulisan Buku “Jurnalistik dalam Komunikasi dan Penyiaran Islam” dimana ini merupakan buku pertama tentang keprodian yang dibuat oleh Mahasiswi KPI IAIN PALANGKA RAYA. Semoga dengan lahirnya buku ini menjadi gerbang untuk lahirnya buku-buku KPI Selanjutnya dari mahasiswa/i KPI IAIN Palangka Raya tentunya. Meskipun dalam  proses pembuatan Buku tidak mudah tapi saya harap kawan-kawan yang lain juga harus bersemangat untuk berkarya” ungkap Ahsanu

“Perasaan saya sangat senang, terharu, dan masih seperti mimpi bahwa ternyata karya ini sudah lahir. Dari awal perjalanannya hingga terbitnya buku ini, saya menemukan banyak pelajaran berharga yang membuat saya mengerti dan bisa lebih menghargai sebuah proses. Semoga kedepannya akan ada lebih banyak lagi buku-buku pendidikan yang dibuat oleh mahasiswa/i IAIN Palangkaraya” ungkap Lulu.

Buku ini di cetak dalam  beberapa eksemplar. Proses pembuatan buku lakukan sejak semester 2 (tahun 2019). Penulis mencari dan mencermati berbagai referensi baik jurnal, buku, ensiklopedia dan sejenisnya yang terkait dengan tabayyun dalam berita. Penulis juga lakukan analisis terhadap jenis-jenis berita. Selain itu juga ketiga mahasiswi ini dibimbing oleh Bapak Sapuadi agar tulisan mereka tetap fokus pada permasalahannya.

Penulis juga mengatakan bahwa buku ini bisa menjadi panduan awal bagi sidang pembaca dalam meneroka jagat jurnalistik di berbagai jenis media baik media cetak, daring , televisi maupun radio dengan perspektif Islam. Serta harapan buku ini bisa menjadi panduan bagi seorang pembaca dalam meneroka seputar jurnalistik.

Penulis        :Lana

Redaktur     :Ari

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK