Home Berita Layanan Kreatif dan Inovatif UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya

Layanan Kreatif dan Inovatif UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.4K views

IAIN Palangka Raya – UPT Perpustakaan Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya merupakan unit pelaksana teknis di bidang kepustakaan yang berfungsi sebagai pusat informasi ilmiah bagi segenap civitas akademika dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saat ini perpustakaan IAIN Palangka Raya telah berakreditasi B, dan diharapkan pada pengakreditasian berikutnya mendapatkan nilai yang lebih baik.

Saat wawancara dengan Kepala UPT Perpustakaan, Usman S.Ag, S.S. MHI mengungkapkan bahwa sejak tahun 2010 perpustakaan IAIN Palangka Raya berupaya memberikan layanan digital dengan aplikasi SIMPus sehingga memungkinkan perpustakaan untuk mempublikasikan koleksinya secara offline maupun online (koleksi digital). Pada tahun tersebut perpustakaan IAIN Palangka Raya merupakan satu satunya perpustakaan di Kalimantan Tengah yang sudah memberikan layanan online.

Usman. S.Ag, S.S. MHI selaku kepala perpustakaan menerangkan “kami berupaya memberikan layanan optimal pada mahasiswa dan masyarakat kampus perpustakaan dengan selalu berinovasi dalam layanan dengan prinsip memudahkan dan menumbuhkan orang untuk cinta membaca, hal ini bisa dilihat dari kami melakukan perubahan aplikasi layanan online dengan mencari yang tercepat dan aman”.

Dalam layanan online yang  diakses melalui website perpustakaan IAIN ini, seluruh civitas akademika akan mendapatkan informasi terkait koleksi repository, maktabah assysyamlah, e-resources perpustakaan nasional. Selain itu juga terdapat layanan penelusuran informasi dan referen, layanan koleksi skiripsi, thesis dan desertasi, layanan koleksi serial baik cetak maupun digital. Layanan digital tersebut dapat diakses melalui http://library.iain-palangkaraya.ac.id/ , http://ebook.iain-palangkaraya.ac.id dan senayan.iain-palangkaraya.ac.id

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, perpustakaan IAIN merubah pola layanan tertutup dimana pemustaka tidak diperkenankan untuk masuk langsung ke ruangan koleksi/baca, namun diarahkan ke layanan pinjaman digital dengan mengunjungi website http://library.iain-palangkaraya.ac.id/. Pemustaka yang ingin menggunakan layanan ini dianjurkan terlebih dulu menentukan judul buku melalui katalog online senayan.iain-palangkaraya.ac.id. Melalui aplikasi ini mahasiswa dapat meminjam buku tanpa melakukan pertemuan fisik dengan pengelola perputakaan, sehingga penyebaran virus covid-19 dapat dihindari.  (AS)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK