Home Berita HIKMAH MUTIARA RAMADHAN EPISODE #22 – KESABARAN
Home Berita HIKMAH MUTIARA RAMADHAN EPISODE #22 – KESABARAN

HIKMAH MUTIARA RAMADHAN EPISODE #22 – KESABARAN

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 592 views

Sabar ada batasnya. Itu merupakan ungkapan yang sering digaungkan masyarakat jika mendapati suatu masalah atau musibah. Namun, hakikatnya sabar itu tak berbatas. Bagi orang yang beriman tidak boleh berputus asa jika ditimpa musibah atau bencana termasuk wabah virus korona di Indonesia.

Selain berikhtiar dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan, sebagai orang yang beriman dianjurkan untuk bertawakal dan sabar menghadapi ketetapan Allah. Jadikan sabar dan memperbanyak ibadah salat sebagai penolong sebagaimana yang difirmankan Allah SWT:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ وَلَا تَقُوْلُوْا لِمَنْ يُّقْتَلُ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ اَمْوَاتٌۗ بَلْ اَحْيَاۤءٌ وَّلٰكِنْ لَّا تَشْعُرُوْنَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolong kalian, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Dan janganlah kalian mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kalian tidak menyadarinya”. (QS. Al baqarah: 153-154) Mufasir Ibnu katsir menerangkan bahwa ayat ini menjelaskan perihal sabar dan hikmah yang terkandung di dalam masalah menjadikan sabar dan salat sebagai penolong serta pembimbing. Karena sesungguhnya seorang hamba itu adakalanya berada dalam kenikmatan, lalu ia mensyukurinya atau berada dalam cobaan, lalu ia bersabar menanggungnya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK