Home Berita OBSERVASI GERHANA BULAN TOTAL BERSAMA TADRIS FISIKA IAIN PALANGKA RAYA

OBSERVASI GERHANA BULAN TOTAL BERSAMA TADRIS FISIKA IAIN PALANGKA RAYA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 931 views

IAIN Palangka Raya – Kelompok Studi (KS) Astronomi Tadris Fisika (22/05) mengikuti Webinar Gerhana Bulan yang diselenggarakan oleh Astronom Amatir Bandung Raya, berkolaborasi dengan Himastron ITB dalam kegiatan “Astrada X Himastron ITB, Webinar Super Blood Moon 2021”. KS Astronomi Tadris Fisika bersama Palangka Raya Astronomi Club (PAC) melakukan persiapan kurang lebih 2 hari untuk melakukan kegiatan Observasi langit pada Peristiwa Gerhana Bulan Total (Super Blood Moon). Kegiatan tersebut dilaksanakan (26/05) mulai pukul 17.45 WIB, berlokasi di rooftop Laboratorium IPA Terpadu IAIN Palangka Raya. Acara dimoderatori oleh Ketua HMPS Pendidikan Fisika, Intan Wahyu Anita. Kemudian, presentasi singkat tentang Gerhana Bulan Total oleh dua mahasiswa Tadris Fisika, yaitu Ahmad Alfianor dan Safa Tasya Kamila untuk selanjutnya pengamatan langsung menggunakan  Teleskop yang tampilannya dibagikan pada layar  Yusro dan Dodi Dinata melalui google meet.

Wakil Dekan I FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd, memberikan apresiasi terhadap Tadris Fisika bersama mahasiswa(i) yang tergabung dalam tim penyelenggara Pengamatan Gerhana Bulan Total (Super Blood Moon). Beliau menjelaskan, “Keaktifan dalam kegiatan bermanfaat seperti ini semoga dapat menambah ketaqwaan kita kepada Allah S.W.T. Terlebih momen yang kita amati kali ialah momen langka yang hanya terjadi 195 tahun sekali. Semoga Tadris Fisika dapat menyelenggarakan kegiatan bermanfaat lainnya untuk seterusnya.”

Dosen Fisika yang merupakan Calon Kandidat Doktor, Bapak Suhartono, M.Pd.Si, mengungkapkan rasa bangga terhadap mahasiswa(i) Tadris Fisika yang menyelenggarakan kegiatan bermanfaat ini. Beliau mengungkapkan harapan besar bahwa kegiatan seperti ini dapat terus diadakan. Bahkan, mungkin di waktu yang akan datang objek langit yang diobservasi bisa lebih di explore lagi seperti pengamatan planet, bintang ataupun galaksi.

Ketua HMPS Pendidikan Fisikan, Intan Wahyu Anita, mewakili teman-teman dalam tim penyelenggara mengungkapkan rasa Bahagia karena respon baik dari masyarakat terhadap kegiatan yang diselenggarakan secara online ini. Hal tersebut tergambar dari jumlah peserta yang mengikuti kegiatan yang mencapai 80 orang. Peserta tidak hanya dari kota Palangka Raya. Adapun dari luar kota Palangka Raya, diantaranya ada Maluku, IAIN Kendari Sulawesi Tenggara, IAIN Kediri, MTsN Barito Utara.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK