Home Berita PELATIHAN CALON DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN KKN IAIN PALANGKA RAYA TAHUN 2021

PELATIHAN CALON DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN KKN IAIN PALANGKA RAYA TAHUN 2021

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 540 views

IAIN Palangka Raya – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud pengabdian masyarakat perguruan tinggi sehingga keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan manfaat terhadap lingkungan sekitar. Wujud pengabdian ini berupa penerapan dari berbagai penelitian yang sudah dilaksanakan di perguruan tinggi sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi  untuk  melaksanakan kegiatan KKN  sebagai bentuk kegiatan intrakulikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menyelenggarakan pelatihan calon dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Hotel Aquarius Kota Palangka Raya, Kamis (03/06/2021). Terdapat 2 jenis KKN yang akan diselenggarakan tahun ini yaitu KKN lokal dan KKN Nusantara. Khusus KKN Nusantara sendiri akan dilaksanakan oleh mahasiswa mahasiswi dari 16 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di Indonesia. Rencananya, KKN akan dilaksanakan selama 45 hari mulai dari pertengahan Juli – akhir Agustus 2021. Mahasiswa dan mahasiswi ini akan ditempatkan di 9 kabupaten di Kalimantan Tengah antara lain di Kota Palangka Raya sebanyak 100 orang, Kabupaten Gunung Mas sebanyak 50 orang, Kabupaten Sukamara sebanyak 40 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 300 orang, Kabupaten Seruyan sebanyak 120 orang, Kabupaten Lamandau sebanyak 40 orang, Kabupaten Barito Selatan sebanyak 100 orang, Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 270 dan Kabupaten Katingan sebanyak 70 orang.

Dalam sambutannya, Kepala LP2M Ajahari, M.Ag menjelaskan pembekalan calon dosen pembimbing lapangan (DPL) ini dimaksudkan agar memiliki pengetahuan dan persepsi yang sama dan memadai terkait dengan tugas dan kewajibannya selaku DPL KKN. Dr. Rubaidi, M.Ag dan Hernik Farisia, M.Pd.I dari UIN Sunan Ampel juga turut hadir sebagai narasumber pada pembekalan kali ini. (MA/DA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK