Home Berita MAHASISWA TBI BERKARYA: Lima Buku ber-ISBN dalam 1 Semester

MAHASISWA TBI BERKARYA: Lima Buku ber-ISBN dalam 1 Semester

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.8K views

IAIN PALANGKA RAYA – Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Ikatlah ilmu dengan menulisnya,” (Silsilah Ash-Shahiihah no. 2026).

Dan mahasiswa Tadris Bahasa Inggris berupaya mentaati anjuran Rasulullah. Khususnya mereka yang mengikuti mata kuliah yang diampu oleh Abdul Syahid. Yakni, Critical Reading, Coursebook Evaluation, dan English Curriculum and Syllabus Design (semester 4) serta English for Specific Purposes (semester 6).

Lima buku mereka terbitkan melalui penerbit anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), yaitu Penerbit K-Media, Yogyakarta. Proses penerbitan ditangani oleh dosen FTIK, yakni Setria Utama Rizal, M.Pd. Karya mahasiswa TBI itu juga memiliki International Standard Book Number (ISBN). Identitas internasional untuk sebuah buku.

Sebelumnya mahasiswa-mahasiswa tersebut secara swadana mengadakan webinar. Dalam webinar itu semua mahasiswa menjadi pemateri sekaligus panitia. “Bukan jamannya lagi mahasiswa hanya jadi peserta webinar,” komentar sang dosen.

“Pembicara di webinar kami ada yang berasal dari Australia dan Uni Soviet,” kata EN (yang meminta hanya dituliskan inisialnya), mahasiswa semester 6 TBI. Dengan bangga ia menegaskan, “Jadi, bukan webinar-webinaran. Bukan pula asal-asalan.” Abdul Syahid menambahkan, “Paparan mereka berkelas. Keliatan kalo mereka mempersiapkan diri dengan serius. Baik sebagai panitia ataupun penyaji.” Meskipun dilaksanakan pada hari-hari Sabtu dan Ahad, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Asmawati, M.Pd. senantiasa hadir membuka webinar-webinar yang diadakan delapan kelas tersebut.

Apa yang menggerakkan sang dosen mengelola pembelajarannya seperti itu? “Terutama dari penelitian saya. Tentang strategi para penulis pemula dalam berkarya. Para penulis pemula ternyata memerlukan panggung.” Hasil penelitian tersebut bisa dibaca di Vol 9, No 1 (2019) Journal on English as a Foreign Language, jurnal Sinta-2.

Menurutnya lagi, “Di sana mereka menampilkan karya-karya mereka. Berinteraksi dengan audiens. Sekaligus melakukan refleksi. Panggung itu bisa berbentuk webinar atau buku. Yang penting, kehadiran publik.” Abdul Syahid menggarisbawahi bahwa publik itu artinya tidak cuma dosen pengampu mata kuliah dan teman sekelas.

Proses penerbitan buku itu sendiri, ternyata, tidak gampang. Mahasiswa, mau tidak mau, harus bekerja lebih keras. “Setiap pertemuan selalu pak Syahid ngomong, baca artikel dari jurnal terindeks Scopus atau Web of Science, ” kenang MRF seraya tertawa kecil, “Sampai terbawa mimpi.”

“Setelah selesai menulis, eh, ternyata masih harus cek kemiripan,” imbuh KO, “Paling tinggi 25% tingkat kemiripannya.” Sudah pasti, mereka harus memparafrase kalimat yang diduga mirip dengan teks-teks di internet tersebut. Naskah-naskah tersebut dibahas lagi dalam konteks mata kuliah. Setelah tuntas, naskah-naskah tersebut baru diproses. Termasuk untuk mendapatkan ISBN.

“Terus terang, untuk biaya penerbitan tersebut mereka urunan sekitar 10 sampai 15 ribu per orang. Mereka yang mengelola. Juga untuk berurusan penerbit. Saya gak ikut-ikut,” ungkap Abdul Syahid. “Karena masalah teknis, untuk memeriksa kemiripan, terpaksa saya pribadi harus beli akun aplikasi cek kemiripan. Murah aja, sih. Seratus ribuan per bulan.”

Proses panjang itu kini bermuara pada karya nyata. Wujud kreativitas dan inovasi yang berorientasi pada solusi nyata. Seyogyanya, ada respons yang lebih positif. Sekecil apapun langkah ini. Karena ini adalah langkah nyata untuk mencapai visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul, Berkarakter Islami Terpercaya di kawasan Asia pada Tahun 2039. Bukankah a journey of a thousand miles begins with a single step, perjalanan seribu mil dimulai dari dengan satu langkah? (AS/DA/MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK