Home Berita ASESMEN LAPANGAN PRODI AKUNTANSI SYARIAH FEBI IAIN PALANGKA RAYA

ASESMEN LAPANGAN PRODI AKUNTANSI SYARIAH FEBI IAIN PALANGKA RAYA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 902 views

IAIN Palangka Raya – Dilaksanakannya kegiatan Asesmen Lapangan pada Program Studi Akuntansi Syariah (AKS) FEBI IAIN Palangka Raya. Pada Rabu-Kamis, 29-30 September 2021. Dilaksanakan secara daring yaitu melalui aplikasi Zoom Meeting.

    Sehari sebelum dilaksanakannya visitasi Prodi Akuntansi Akuntansi Syariah, diadakannya shalat hajat dan doa bersama oleh civitas akademika FEBI yang dipimpin langsung oleh dosen FEBI, yaitu Drs. Rofi’i., M.Ag., yang bertujuan agar dilancarkannya kegiatan visitasi ini serta mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

    Asesor pada Asesmen Lapangan yang diutus oleh BAN-PT adalah Prof. Dr. Yadi Janwari, M.A (UIN Sunan Gunung Djati Bandung) dan Dr. Ahmad Syarif Iskandar, M.M (IAIN Palopo).

    Kegiatan kali ini dihadiri oleh Rektor IAIN Palangka Raya yang sekaligus membuka acara visitasi kali ini, disampaikan bahwa IAIN Palangka Raya berkomitmen untuk mendapatkan hasil akreditas yang terbaik. Semoga segala yang dipersiapkan oleh tim Borang Akreditasi AKS kali ini dapat memenuhi semua yang diperlukan dalam penialaian akreditasi sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

    Turut hadir pula Wakil Rektor I, II, III IAIN Palangka Raya, Perwakilan Direktur Pascasarjana, Dekan/Wakil Dekan FTIK, Perwakilan Dekan FASYA, Perwakilan Dekan FUAD, LPM IAIN Palangka Raya, LP2M IAIN Palangka Raya, Kepala Perpustakaan IAIN Palangka Raya, Alumni-alumni AKS, serta para undangan lainnya.

Berikut adalah beberapa standar yang harus dipenuhi dalam Akreditasi:
-Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
-Tata Pamong, Kelola dan Kerjasama
-Mahasiswa
-Sumber Daya Manusia
-Keuangan, Sarana dan Prasarana
-Pendidikan
-Penelitian
-Pengabdian Kepada Masyarakat
-Luaran dan Capaian Tri Dharma

    Pada hari kedua, menghadirkan para stakeholder pemangku kepentingan, dari berbagai Lembaga yaitu dari Pimpinan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kalimantan Tengah, Pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI), Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Palangka Raya serta Pimpinan Bank Negara Indonesia (BNI) Palangka Raya.

    Para pimpinan Lembaga Keuangan dan Lembaga lainnya ini, dimintai keterangan tentang kompetensi para mahasiswa dalam melaksanakan PKL ke Lembaga yang dimaksud, seperti kualitas kerja mahasiswa, keprofesionalannya sebagai seorang Akuntan, kedisiplinannya. Semua stakeholder menyatakan bahwa mahasiswa yang melakukan PKL dilembaganya, adalah sangat baik dalam berproses, disiplin, terampil dan berkualitas. Para stakeholder sangat mengapresiasi dan sangat mengharapkan kerjasama ini terus berlanjut, karena sangat membantu lembaga tersebut dan tentunya memiliki manfaat pula bagi FEBI IAIN Palangka Raya ini.

    Lulusan dari Prodi Akuntansi Syariah ini pula, sudah memasuki dunia kerja dan tersebar pada berbagai instansi dan lembaga, dibawah dari 6 bulan setelah lulus dari FEBI IAIN Palangka Raya. Ini membuktikan pula bahwa lulusan dari Prodi Akuntansi Syariah ini adalah sumber daya yang berkualitas.

Setelah itu, kegiatan visitasi ini ditutup oleh Dekan FEBI IAIN Palangka Raya, dan didalam sambutan penutup Sabian Utsman menyampaikan :
-Akreditasi di AKS ini sebagai pembelajaran di prodi lainnya, khususnya dilingkungan FEBI
-Orientasi akreditasi ini jangan hanya ditekankan pada saat hendak visitasi saja, baiknya menjadi kebutuhan setiap saat
-Disamping dengan adanya visitasi ini, ada juga berdimensi edukasi untuk Prodi dan Perguruan Tinggi
-Untuk Pengembangan kedepan, Insya Allah mohon doanya semuanya FEBI ingin mewujudkan gedung berlantai 3 bernamakan Laboraturium Bisnis FEBI IAIN Palangka Raya yang terletak di lingkungan strategis IAIN Palangka Raya.

    Dilanjutkan pula “Saya mengapresiasi kepada jajaran Dekanat dan Kabag TU serta jajarannya. Paling spesial saya sangat mengapresiasi pejuang akreditasi, Kaprodi AKS, tim Borang dan segenap jajarannya yang terus-menerus menyiapkan akreditasi ini dari tahun 2020 yang lalu. Atas kerja keras dan cerdasnya saya selaku Dekan menyampaikan apresiasi yang tinggi dan berharap kesiapan untuk  memenuhi ekspektasi serta kriterum dari 9 Standar Borang di Prodi yang tidak hanya saat hendak diakreditasi, tetapi suatu kebutuhan terus menerus bukan suatu beban, tapi suatu kebutuhan” pungkasnya.

    Dengan telah terlaksananya Visitasi Akreditasi pada Program Studi Akuntansi Syariah, sangat diharapkan hasilnya sesuai dan memuaskan. Aamiin.

Sumber : https://febi.iain-palangkaraya.ac.id/news/newsDetail/615bc69550ca4

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK