Home Berita JURUSAN PENDIDIKAN MIPA SUKSES MENYELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL MIPA TAHUN 2021

JURUSAN PENDIDIKAN MIPA SUKSES MENYELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL MIPA TAHUN 2021

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 437 views

IAIN Palangka Raya – Jurusan Pendidikan MIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya untuk pertama kali telah menyelenggarakan Seminar Nasional MIPA tahun 2021 dengan mengambil tema “Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Riset dan Literasi.” Acara ini diselenggarakan secara virtual pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 yang bertepatan dengan momen peringatan sumpah pemuda. Acara dihadiri oleh empat narasumber serta 109 pemakalah yang berasal dari 28 institusi dalam negeri dan 2 institusi luar negeri. Institusi dalam negeri merupakan perguruan tinggi dan sekolah dari pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, hingga NTT. Sementara institusi luar negeri adalah Universite de Lyon, Perancis dan King Mongkut’s University of Technology, Thailand.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Ibu Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd. Beliau menyampaikan dalam sambutan, bahwa pelaksanaan seminar nasional ini penting sebagai ajang saling berbagi antara guru, akademisi di perguruan tinggi, dan berbagai pemangku kepentingan lain untuk membuat pengajaran sains di sekolah menjadi lebih baik dan menyenangkan. “Pembelajaran sains harus dapat mengakomodir kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran sains yang selalu terkesan sulit dapat dipahami oleh siswa-siswa di sekolah”, pesan yang beliau sampaikan.

Sesi sidang pleno memaparkan materi dari empat narasumber. Narasumber pertama adalah Dr. Parmin, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang yang menyampaikan materi tentang “Inovasi Pembelajaran IPA melalui Pendekatan STEM”. Pemateri kedua adalah Dr. Hamdan Hadi Kusuma dari UIN Walisongo Semarang yang berbagi mengenai “Integrasi Penelitian dalam Pengembangan Pembelajaran : Aplikasi Penelitian Fisika dalam Pembelajaran”. Pemateri ketiga adalah Dr. Sifak Indana, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya yang membawakan materi “Pembelajaran Inovatif sebagai Wadah Berlatih Literasi Sains”. Pemateri keempat adalah Dr. Noor Hujjatusnaini, M.Pd., dosen Tadris Biologi IAIN Palangka Raya, yang menyajikan materi “Etnobotani dan Kearifan Lokal Kalimantan Tengah sebagai Sumber Pembelajaran IPA”.

Dr. Atin Supriatin, M.Pd, sebagai ketua pelaksana, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada narasumber, pemakalah, peserta, dan semua pihak yang terlibat dalam acara Seminar Nasional MIPA 2021 ini. Beliau menyampaikan, “Pelaksanaan acara ini merupakan sebagian kecil dari ikhtiar kami dalam memberi sumbangsih kepada ilmu pembelajaran khususnya pembelajaran IPA, fisika, dan biologi. Kami mengharap masukan dari semua pihak agar acara di kemudian hari berjalan dengan lebih baik lagi. Sampai jumpa di Seminar Nasional MIPA, Jurusan Pendidikan MIPA, IAIN Palangka Raya tahun 2022.”

 

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK