Home Berita IAIN PALANGKA RAYA MEMPEROLEH MEDALI PERAK DI OASE I PTKI 2021

IAIN PALANGKA RAYA MEMPEROLEH MEDALI PERAK DI OASE I PTKI 2021

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.3K views

Banda Aceh – Ajang bergengsi Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE I PTKI) Tahun 2021 yang dilaksanakan sejak tanggal 5 Oktober telah ditutup pada tanggal 28 November 2021. OASE merupakan bentuk transformasi dari kegiatan yang semua bernama Pekan Ilmiah Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) yang kemudian dikembangkan menjadi 2 even yaitu OASE dan Pekan Seni Olahraga Nasional (PESONA).

OASE I PTKI yang dilaksanakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini diikuti oleh 2.955 peserta dari seluruh PTKIN dan PTKIS se-Indonesia. Cabang lomba yang ada dalam OASE ini adalah Sains, Karya Inovasi, Bussiness Plan, Debat Ilmiah, Qira`atul Qutub, Fahmil Qur`an, Sory Telling dan Dai Mahasiswa. IAIN Palangka Raya mengikutsertakan beberapa kontingen dalam cabang lomba tersebut, yaitu pada Cabang Karya Inovasi bidang Iklim limbah dan Sumber daya Terbarukan, bidang Literasi Inovasi Teknologi, bidang Produk Halal dan Ketahanan Pangan serta bidang Robotika. Selain cabang karya inovasi, IAIN Palangka Raya juga mengikuti pada cabang lomba Fahmil Qur`an, Karya Tulis Al Qur`an, Debat Bahasa Inggris, Dai Mahasiswa serta Sains Biologi dan Fisika.

Dari seluruh kontingen IAIN Palangka Raya yang mengikuti kegiatan tersebut, ada 2 kontingen yang masuk babak Final OASE I PTKI se-Indonesia, yaitu pada cabang Sains Fisika sebanyak 1 mahasiswa serta 1 Tim Cabang Karya Inovasi Bidang Iklim, Limbah dan Sumber Daya Terbarukan. Final OASE I PTKI dilaksanakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh secara Luring untuk seluruh cabang karya Inovasi dan secara daring untuk bidang lainnya.

Tim Karya inovasi IAIN Palangka Raya dari Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya yang mengikuti Bidang Iklim, Limbah dan Sumber Daya Terbarukan mengikuti Final di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tema yang diusung pada karya inovasi ini adalah POSGAS – Inovasi Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Solusi Permasalahan Lingkungan. Tim terdiri dari 3 mahasiswa yaitu Pertiwi Adi Puji Astuti (semester 7), Afifah Nurul Humam dan Alfina Mu`minah (keduanya semester 5) serta Dosen Pembimbing H. Mukhlis Rohmadi, M.Pd. dan Hj. Nurul Septiana, M.Pd. Selain cabang karya inovasi, Final dilaksanakan secara daring. Sehingga finalis cabang Sains Fisika IAIN Palangka Raya, Nomilawati (semester 5) yang berasal dari Program Studi Tadris Fisika mengikuti final secara daring dari Palangka Raya.

Tim tersebut berangkat mengikuti Final dengan menampilkan karya inovasi dan produk hasil inovasi melalui expo yang dilaksanakan selama 2 hari. Diluar dugaan pengunjung stand IAIN Palangka Raya tidak pernah sepi, hingga pada hari pertama saja tercatat ada 157 pengunjung yang menuliskan buku tamu. Hal ini membuat semangat tim untuk berjuang memperoleh kemenangan pada ajang Final. “Kami tidak menduga bahwa pengunjung tiada henti mampir dan bertanya mengenai produk inovasi kami, sehingga kami yakin bisa menang dalam ajang final nantinya”, ungkap Pertiwi, Ketua Tim kontingen Mahasiswa.

Pada presentasi karya inovasi di hadapan 3 orang dewan juri, tim memaparkan dengan bahasa Inggris dan Indonesia. Beberapa hal yang ditanyakan dewan juri bisa dijawab dengan baik oleh tim yang merupakan penguatan pada final ini. “Mahasiswa yang presentasi sempat gerogi dan keluar keringat dingin, karena pertama kali menghadapi kompetisi seperti ini. Alhamdulillah Dosen Pembimbing bisa masuk ruangan dan memberikan semangat sehingga mahasiswa tersebut berangsur hilang geroginya dan bisa presentasi dengan baik”, ujar Mukhlis, Dosen Pembimbing tim.

Pengumuman pemenang OASE I PTKI dilaksanakan di Stadion mini UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pada proses pengumuman hujan turun dengan derasnya sehingga memaksa seluruh kontingen mencari tempat berteduh untuk mengikutinya. Hujan yang menerpa tidak menyurutkan pada kontingen dan pembimbing untuk mengikuti kegiatan dengan semangat.

Pada saat pengumuman disampaikan, kebahagiaan dan riuh dari tim IAIN Palangka Raya ketika disebutkan menjadi Juara 2 dan mendapatkan medali Perak untuk Cabang Inovasi Bidang Iklim, Limbah dan Sumber Daya Terbarukan serta mendapatkan juara harapan 2 untuk Cabang Sains Fisika. “Selamat dan Sukses atas prestasi yang telah diperoleh, semoga menjadi penyemangat bagi mahasiswa lain. Kepada tim yang masih di Banda Aceh, jaga kesehatan dan semoga sehat selamat sampai Palangka Raya”, pesan Rektor IAIN Palangka Raya, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK