Home Berita ASN KEMENTERIAN AGAMA IKUTI UPACARA HAB KE-76 DENGAN TEMA TRANSFORMASI LAYANAN UMAT

ASN KEMENTERIAN AGAMA IKUTI UPACARA HAB KE-76 DENGAN TEMA TRANSFORMASI LAYANAN UMAT

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 875 views

IAIN Palangka raya – Penetapan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1956 tanggal 1 Maret 1956 menetapkan bahwa hari kamis tanggal 3 Januari 1946 adalah hari berdirinya Departemen Agama. Namun sejak 3 Januari 1980 pada Peringatan Hari Ulang Tahun Departemen Agama ke-34 diubah penyebutannya menjadi Hari Amal Bakti Departemen Agama RI (sekarang Kementerian Agama).

Mengusung tema “Layanan Transformasi Umat”, Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah laksanakan Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama Republik Indonesia. Upacara digelar secara khidmat di Halaman Asrama Haji Al-Mabrur Palangka Raya dan dihadiri sekitar 120 peserta yang tetap mematuhi protokol Covid-19 secara ketat.

Upacara ini turut dihadiri Assisten III Gubernur Provinsi Kalteng, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng beserta pejabat eselon III, Rektor IAIN Palangka Raya, IAHN Palangka Raya, IAKN Palangka Raya, Danrem 102 Panjung, Kapolda, Kejati, Kejari, Kepala Pengadilan Tinggi Agama perwakilan dari masing-masing satuan kerja pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalteng, Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Kementerian Agama Kota Palangka Raya, dan pejabat lainnya.

Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Katma F. Dirun menjadi inspektur upacara mewakili Gurbernur Kalimantan Tengah. Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang dibacakan oleh inspektur upacara mengajak jajaran ASN Kementerian Agama untuk memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Sebab, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai KICK OFF pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan.

Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Dalam upacara ini juga dilakukan penyerahan sejumlah penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah untuk madrasah-madrasah se-Kalimantan Tengah yang berprestasi mengharumkan marwah Kanwil Kemenag Kalteng di tingkat nasional, serta pemberian penghargaan serta bonus berupa uang tunai kepada salah seorang siswa dari MTs. Pulang Pisau yang meraih medali pada lomba KSM tingkat Nasional tahun 2021. (Humas)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK