Home Berita HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR IAIN PALANGKA RAYA 1443 H

HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR IAIN PALANGKA RAYA 1443 H

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1K views

Palangka Raya (Humas) – Senin, 9 Mei 2022 pukul 08.30 wib dilaksanakan acara halal bi halal sekaligus silaturrahmi keluarga besar IAIN Palangka Raya. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Qori Rahmat Hidayat, S.Pd.I. Dalam suasana bulan Syawal 1443 H DR. H. Khairil Anwar, M.Ag selaku Rektor IAIN Palangka Raya menyampaikan mohon maaf lahir dan batin.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Palangka Raya menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh civitas akademika IAIN Palangka Raya. Yang mana, selama setahun belakangan menjalani tugas kedinasan dan dalam pergaulan tentu ada khilaf, salah, dan keliru. Selain itu Melalui sambutannya, beliau mengingatkan bahwa dalam bergaul di lingkungan kerja sehari-hari tentu tidak luput dari salah ataupun khilaf. Walaupun telah memohon ampunan di bulan Ramadhan yang bisa meleburkan dosa-dosa hamba-Nya, namun kesalahan terhadap sesama manusia akan dimaafkan Allah jika sudah bermaafan. Beliau juga menambahkan hadis bahwa setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baiknya orang yang berbuat salah adalah yang meminta maaf. Sehingga diharapkan acara halalbihalal ini sangat berfaedah dan berkah menjadi ajang silaturrahmi dan saling bermaaf-maafan.

Acara halal bi halal tersebut juga diisi dengan ceramah agama dan doa dan yang disampaikan oleh Dr. H. Abdul Helim, M.Ag dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa “halal bi halal sebagai ajang silaturrahmi dan saling maaf memaafkan sebagai sarana memohon keikhlasan dan kerendahan hati sebagai wujud kembali fitrah.” Ungkap beliau. Beliau juga mengajak untuk banyak bersyukur karena masih diberi umur sehingga bisa menikmati bulan Ramadhan, menemui hari Raya, sampai masih bisa mengikuti acara halalbihalal ini. Ditambahkan juga bahwa makna halalbihalal adalah thalabu halalin bi thariqi halalin yaitu meminta maaf (melepaskan kesalahan) dengan cara yang benar. Oleh karena itu, ketika bersalam-salaman maka hendaklah dengan hati yang ikhlas untuk saling memaafkan. (DA/MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK