Home Berita LITBANG KEMENAG PUSAT GANDENG IAIN PALANGKA RAYA PADA PELATIHAN MODERASI BERAGAMA

LITBANG KEMENAG PUSAT GANDENG IAIN PALANGKA RAYA PADA PELATIHAN MODERASI BERAGAMA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 549 views

IAIN Palangka Raya  (Humas)– Dalam rangka melaksanakan program prioritas Kementerian Agama dalam Aspek Penguatan Moderasi Beragama, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pelatihan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI bekerja sama dengan IAIN Palangka Raya untuk melaksanakan pelatihan Moderasi Beragama. Pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 18 s/d 23 Mei 2022 dan diikuti sebanyak 30 peserta yang merupakan Guru Pendidikan Agama Islam, Kristen, Katolik, dan Hindu yang berada di sekitar Kampus IAIN Palangka Raya. Namun, beberapa Guru Agama Budha berhalangan hadir karena merayakan Hari Waisak di Magelang. Pelatihan dimulai dari pukul 07.00 – 16.00 WIB dan bertempat di Ruang Rapat LP2M IAIN Palangka Raya.

“Moderasi beragama ini mulai digaungkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin karena banyaknya paham-paham ekstrim yang masuk ke Indonesia. Golongan ekstrim kanan yang suka menyalahkan dan mengkafirkan orang serta golongan ekstrim kiri yang menihilkan agama dan mementingkan akal pikiran ini sangat berbahaya apabila terus dibiarkan. Indonesia memiliki penduduk dari berbagai macam suku, ras dan agama, maka sangat penting untuk kita agar selalu menerapkan moderasi beragama agar kedamaian dan keharmonisan dapat terwujud. Diharapkan pelatihan moderasi beragama ini dapat menambah khasanah ilmu dan wawasan peserta yang dapat diimplementasikan di setiap aktifitas para perserta”, ucap Dr. H. Khairil Anwar selaku Rektor IAIN Palangka Raya yang sekaligus membuka pelatihan secara resmi.

Sejumlah pejabat dan dosen IAIN Palangka Raya turut menjadi narasumber dalam pelatihan ini seperti Dr. H. Khairil Anwar selaku retor IAIN Palangka Raya yang menyampaikan materi Peta Jalan Moderasi Beragama. Dr. Jasiah M.Pd dan Jefry Tarantang S.Sy., S.H., M.H., C.Me yang merupakan dosen IAIN Palangka Raya juga mendapat kesempatan menjadi narasumber pada acara ini. Tak hanya itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah Drs. H. Noor Fahmi M,M juga turut menjadi narasumber yang akan menyampaikan materi mengenai visi, misi, dan nilai dasar Kementerian Agama serta Kepala Pusdiklat Teknis Dr. H. Imam Safe’i, MPd yang akan memberikan Konsep Moderasi Beragama Kementerian Agama dan Sembilan Kata Kunci Moderasi Beragama. (DA/MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK