Home Berita ASESMEN IAIN PALANGKA RAYA MENJADI LPH

ASESMEN IAIN PALANGKA RAYA MENJADI LPH

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 475 views

IAIN Palangka Raya – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dari  Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan asesmen ke IAIN Palangka Raya untuk mengkorfimasi kesiapan IAIN untuk menjadi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di Palangka Raya Khususnya Kalimantan Tengah.

Adapun proses yang dilalui oleh perguruan tinggi atau IAIN Palangka Raya hingga memenuhi syarat memperoleh sertifikat akreditasi LPH dijelaskan oleh Dewan Pengarah Prof. Dr. Setiyo Gunawan, ST., Ph.D

Dalam sambutannya Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag bahwa LPH merupakan bagian tak terpisahkan dari proses sertifikasi halal yang diamanatkan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH), dan sudah ada 1000 produk yang sudah di usulkan untuk pemeriksaan Halal, namun  baru 10% dari produk tersebut yang baru mendapatkan label halal.

“dari sekiannya banyaknya produk yang harus diperiksa kehalalannya maka kami mohon saran dan dukungannya LPH IAIN Palangka Raya bisa dibantu untuk memiliki sertifikasi dari BPJPH sehingga dapat memeriksa produk-produk yang ada di Palangka Raya khususnya Kalimantan Tengah dan bisa maju dimasa depan,” terangnya.

Prof. Dr. Setiyo Gunawan, ST., Ph.D menjelaskan titik awal dari sertifikasi halal yang sudah diatur dalamUU JPH, dimana tujuan dari UU JPH sendiri adalah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk. Juga, untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal. Dan Indonesia mempunyai visi sebagai produsen produk halal ditingkat nasional maupun internasional.

Dari serangkaian kegiatan asesmen dari BPJPH diharapkan IAIN Palangka Raya bisa mendapatkan sertifikat akreditasi LPH  dan perolehan dari sertifikat akreditasi LPH ini bisa semakin mengoptimalkan peran para LPH sebagai mitra Kementerian Agama Republik Indonesia.

(Penulis DA/ Editor MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK