Home Berita BISMILLAH, ASESMEN LAPANGAN DARING PRODI PAI DILAKSANAKAN HARI INI

BISMILLAH, ASESMEN LAPANGAN DARING PRODI PAI DILAKSANAKAN HARI INI

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 525 views

IAIN Palangka Raya – Salah satu tahapan proses akreditasi ialah dengan melalui Asesmen Lapangan. Kegiatan tersebut merupakan penilaian akuntabilitas terhadap mutu program studi atau perguruan tinggi dengan tujuan memverifikasi, memvalidasi, melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam borang dan melakukan evaluasi lapangan pada program studi yang bersangkutan. Kali ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen secara daring dalam rangka reakreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya.

Kegiatan asesmen ini dilakukan oleh dua orang asesor BAN-PT yakni Dr. Drs. Shodiq Abdullah, M.Ag (UIN Walisongo Semarang) dari dan Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Ag (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Asesemen yang dihadiri langsung oleh Rektor,  Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kepala Biro AUAK, Dekan FTIK, Direktur Pascasarjana dan beberapa pejabat IAIN Palangka Raya lainnya ini dilaksanakan 2 hari dari tanggal 17-18 Juni 2022. Kepala Kantor Kementerian Agama Kalimantan Tengah juga turut menyampaikan dukungannya dengan hadir secara daring.

Dalam sambutannya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag selaku Rektor IAIN Palangka Raya mengatakan, “Kami sudah mempresentasikan transformasi IAIN Palangka Raya menjadi UIN di Jakarta Tahun 2020. Semua sudah mencukupi, namun hanya ada 1 yang kurang yaitu program studi unggul. Saat ini di IAIN Palangka Raya hanya memiliki 1 program studi unggul yaitu Pendidikan Bahasa Arab, dimana harus ada 1 prodi lagi yang unggul untuk menjadi UIN. Menjadi UIN merupakan salah satu tekad kami untuk memajukan dan mengembangkan Kalimantan Tengah karena kita merupakan salah satu penyumbang nusantara. Kami sudah mempunyai lahan 11 Hektar di Kampus 1 dan 56 Hektar di Kampus 2 yang keduanya sudah SHM (Sertifikat Hak Milik). Kami berjuang dari bawah dan ini tentu sejalan dengan Program 3 T dari Kementerian Agama Pusat yaitu Transformasi Kelembagaan, Transformasi Digital, dan Internasionalisasi Kelembagaan agar lebih dikenal dunia. Menjadi UIN artinya turut menyukseskan program ini terutama di Program Transformasi Kelembagaan.”

Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Ag selaku asesor BAN-PT menjelaskan bahwa seharusnya asesmen ini dilakukan secara langsung di lapangan, namun karena masih terkendala Covid-19 sehingga harus dilakukan secara daring. Beberapa metode akan digunakan dalam proses akreditasi seperti metode observasi dimana nanti pihak prodi akan diminta untuk menunjukkan beberapa hal seperti dokumen serta bukti bahwa suatu kegiatan atau pekerjaan sudah dilakukan.

“Semoga semangat IAIN Palangka Raya terus menyala dan dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan cita-cita dan keinginan kita bersama”, tutup Dr. Drs. Shodiq Abdullah, M.Ag. (MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK