Home Berita PEMBEKALAN MAHASISWA CALON PESERTA KKN

PEMBEKALAN MAHASISWA CALON PESERTA KKN

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 3.3K views

Palangka Raya (IAIN-Palangka Raya) – Guna mempersiapkan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022. LP2M IAIN Palangka Raya menggelar kegiatan pembekalan KKN di lingkungan kampus IAIN Palangka Raya. Pembekalan KKN ini dilaksanakan secara maraton dari selasa dan Rabu tanggal 28-29 juni 2022, dimana setiap kelompok peserta KKN berjumlah 10 orang akan didampingi oleh 1 orang Tim Panitia dari BP. KKN dan 1 orang dari DPL yang akan menjelaskan secara tekhnis kegiatan KKN.

Dalam pembekalan KKN tahun 2022 panitia sengaja membuat sistem pembekalan yang terpisah antara satu kelompok dengan kelompok lainnya, sehingga diharapkan materi, tata tertib dan disikusi saat pembekalan lebih spesifik dan fokus membahas desa yang akan dijadikan lokasi tempat KKN.

Dengan demikian Tim pengelola KKN, baik dari BP. KKN dan DPL bisa memaksimalkan penjelasan lokasi (desa) dimana mahasiswa akan melakukan kegiatan KKN dari berbagai aspek, semisal aspek sosiologis, antropologis, adat istiadat dan budaya yang melekat di pada daerah yang akan dijadikan lokasi KKN.

Kegiatan KKN ini merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya di IAIN Palangka Raya, ”Tidak ada rumus yang bisa membebaskan mahasiwa untuk tidak ber-KKN kalau dia tetap mau jadi sarjana di IAIN Palangka Raya” ungkap BP. KKN Abdul Jamil saat memberikan materi pembekalan.

Untuk tahun 2022, jumlah peserta yang ikut dalam KKN lokal sebanyak 993 mahasiswa yang akan disebar ke 99 desa, pada delapan kabupaten/kota yang ada di kalimantan tengah, seperti: Seruyan, Lamandau, Sukamara, Pulang Pisau, Barito Selatan, Kotim dan Kota Palangka Raya.

Dalam satu kelompok KKN terdiri dari 10 peserta (laki-laki dan perempuan) terdiri dari beberapa prodi yang ada di IAIN Palangka Raya sehingga dalam kegiatan kKN di lapangan nanti, akan terjadi pembagaian peran sesuai ilmu atau teori yang didapat mahasiswa selama di kampus.

Adapun materi yang disampaikan oleh Tim pengelola (BP-KKN & DPL) untuk kelompok 17, 18, 19 dan 20 di wilayah kabupaten Seruyan, disampaikan oleh Abdul Jamil dan Isra Misra, M. SI, yang diantara materinya adalah Tekhnis pelaksanaan KKN tahun 2022 meliputi tentang Arah dan Kebijakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2022, Gambaran umum Desa, tata tertib KKN, pembagian DPL, Kelompok dan lokasi pelaksanaan KKN.

Sedangkan Isra Misra, M. SI selaku DPL (Dosen Pendamping Lapangan) menjelaskan tentang metode pengabdian masyarakat bagi peserta KKN seperti Community Baset Research (CBR) dan Asset Basset Community Development (ABCD) dengan metode ini diharapkan bisa bermuara pada pembuatan jurnal yang submit ke jurnal nasional.

Dengan diadakannya pembekalan ini diharapkan bagi semua mahasiswa yang akan berkuliah kerja nyata mampu menerapakan ilmu yang telah mereka geluti selama dibangku perkuliahan, untuk diaplikasikan kepada masyarakat di desa dan pada saat bersamaan belajar tentang nilai kehidupan dalam bermasyarakat itu sendiri.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK